alexametrics

Bendungan Pidekso Bisa jadi Objek Wisata Air Wonogiri

29 Desember 2021, 16:59:14 WIB

JawaPos.com – Salah satu perusahaan konstruksi milik BUMN, PT PP (Persero) Tbk telah menyelesaikan proyek Bendungan Pidekso. Proyek tersebut juga sudah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Selasa (28/12).

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan, pembangunan Bendungan Pidekso beserta fasilitasnya dapat diselesaikan lebih cepat 12 bulan dari target. Dengan hehadiran Bendungan Pidekso di Provinsi Jawa Tengah ini diharapkan dapat memiliki dampak positif bagi masyarakat di Provinsi Jawa Tengah, khususnya yang berada di Kabupaten Wonogiri.

Menurutnya, dengan pembangunan Bendungan Pidekso ini juga dapat memberikan nilai tambah sebagai kawasan wisata air yang dapat dinikmati oleh para wisatawan lokal. Terutama masyarakat yang tinggal di sekitar bendungan.

“PTPP bangga dapat menyelesaikan pembangunan proyek bendungan tersebut dengan kualitas terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” kata Novel Arsyad dalam keterangan yang diterima oleh JawaPos.com, Rabu (29/12).

Seperti diketahui, Bendungan Pidekso dengan kapasitas volume tampung 25 juta m3 dan luas genangan 232 hektare (ha) dapat mengairi lahan pertanian seluas 1.500 ha di Kabupaten Wonogiri. Bendungan Pidekso yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di bidang Sumber Daya Air untuk mewujudkan ketahanan air dan pangan nasional.

Pembangunan Bendungan Pidekso telah dimulai sejak 2014, dan berjalan hingga 2018 untuk pembebasan lahan. Dilanjutkan pada 2018-2021 untuk konstruksi dengan biaya Rp795 miliar.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads