alexametrics
Dorong Penataan Kawasan

Budi Karya: Kemacetan Hanyalah Puncak Gunung Es Masalah Kawasan Puncak

29 Desember 2020, 17:57:01 WIB

JawaPos.com – Kawasan Puncak menjadi destinasi wisata paling diminati sejak dulu hingga saat ini. Maka tak heran jika jalur menuju ke sana selalu padat.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau agar masa pandemi ini dapat dimanfaatkan dengan melakukan pembenahan pada sektor transportasi di Jabodetabek, terutama untuk kawasan Puncak, Bogor. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut, kawasan Puncak selalu ramai pengunjung pada masa liburan terutama setiap akhir tahun seperti saat ini.

Ia minta seluruh pihak dapat menyiapkan kebijakan-kebijakan lanjutan untuk melakukan pembenahan pada sektor transportasi khususnya di Jabodetabek. “Salah satunya Puncak yang selalu jadi trending pada masa libur, selalu terjadi kemacetan,” ujarnya dalam sebuah Webinar, Selasa (29/12).

Budi mengaku, kawasan Puncak memang sudah jadi tujuan favorit sejak 1970. Ditambah dengan semakin banyaknya pembangunan prasarana penunjang wisata di sana, menambah daya tarik. Sehingga, masalah kemacetan selalu jadi pekerjaan rumah besar dari kawasan ini.

“Semakin digemari karena banyak hotel, banyak tempat makan, udaranya sejuk sehingga kawasan Puncak makin digemari. Banyak sekali yang berlibur apabila di waktu weekend dan sebagainya,” tuturnya.

Budi juga melihat, saat ini masyarakat yang datang ke puncak bukan hanya warga sekitar Jakarta, melainkan wisatawan internasional. Sehingga, perlu dipikirkan bauran kebijakan yang tepat untuk mengatasi masalah kemacetan di kawasan ini dan tidak terbatas pada sektor transportasi saja.

“Dampaknya sering terjadi suatu kemacetan yang kronis setiap akhir pekan, libur panjang. Jadi, Puncak itu ibarat gunung es. Persoalan transportasi hanyalah puncak gunung es dari masalah yang terlihat selama ini. Jadi, banyak sekali permasalahan-permasalahan yang harus kita tuntaskan,” jelasnya.

 

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Close Ads