alexametrics

Presiden Yakini Tol Manado–Bitung Tarik Minat Investasi

29 September 2020, 15:28:07 WIB

JawaPos.com–Keberadaan tol Manado–Bitung di Sulawesi Utara, akan menumbuhkan lebih banyak usaha baru. Sehingga lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga akan meningkat dan Sulawesi Utara akan semakin berkembang. Presiden Joko Widodo meyakini keberadaan Tol Manado–Bitung di Sulawesi Utara sepanjang 40 km akan semakin menarik minat investasi di wilayah tersebut.

”Dengan tersambungnya kawasan perekonomian baru, saya yakin investasi akan lebih banyak datang,” ujar Presiden dalam sambutannya pada peresmian jalan tol Manado–Bitung, Ruas Manado-Danowudu, melalui video conference seperti dilansir dari Antara di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/9).

Presiden mengatakan, keberadaan jalan tol tersebut membuat biaya logistik dari pelabuhan internasional Bitung dapat ditekan sehingga lebih efisien. Sehingga, daya saing otomatis akan meningkat dan kawasan ekonomi khusus Bitung juga dapat dikembangkan menjadi lebih maju.

”Ini saya kira tugas gubernur untuk menarik investasi sebanyak-banyak ke KEK di Bitung,” ujar Presiden.

Jalan tol Manado–Bitung memiliki panjang total 40 km. Jalan tol itu memiliki sejumlah ruas yakni Manado–Sukur 7,9 km, Sukur–Airmadidi 7 km, Airmadidi–Kauditan 7 km, Kauditan–Danowudu 6 km, dan Danowudu–Bitung 12,6 km.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, tol Manado–Bitung merupakan tol terpanjang di Sulawesi. Nilai investasi pembangunan tol itu mencapai Rp 5,12 triliun yang pembiayaannya dilakukan dengan skema kerja sama pemerintah-badan usaha.

Dia mengungkapkan, konstruksi ruas Manado hingga Airmadidi sepanjang 15 km didanai APBN Kementerian PUPR. Sedangkan konstruksi ruas Airmadidi hingga Bitung sepanjang 25 km dilaksanakan BUJT PT Jasamarga.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara




Close Ads