alexametrics

Kementerian PUPR Lanjutkan Proyek Jalan Perbatasan RI-Malaysia

29 Juli 2020, 11:58:54 WIB

JawaPos.com – Proyak jalan perbatasan RI-Malaysia, di Kalimantan Utara (Kaltara) dilanjutkan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menuturan, ini merupakan proyek infrastruktur yang bernilai strategis bagi NKRI.

“Dengan fungsi sebagai pertahanan dan keamanan negara dan mendukung pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan perbatasan,” katanya dilansir dari Antara, Rabu (29/7).

Jalan perbatasan ini memiliki panjang 966,59 kilometer (km). Itu terdiri dari jalan paralel perbatasan (614,55 km) dan akses perbatasan (352,04 km).

Hingga akhir 2019, dari total panjang tersisa 80,8 km belum terbuka. Proyek jalan ini dikerjakan untuk meningkatkan konektivitas, membuka akses daerah terisolasi, dan membantu pemerataan pembangunan di luar Jawa.

Tahun ini, Kementerian PUPR menganggarkan Rp 231 miliar untuk pembangunan delapan ruas jalan perbatasan dan tiga ruas akses perbatasan di Kaltara. Kehadiran jalan perbatasan dan akses perbatasan tersebut diharapkan membuka keterisolasian wilayah.

Sehingga, barang kebutuhan pokok dapat diperoleh dengan lebih mudah dan murah. Hal ini, tentu akan mengurangi kesenjangan antarwilayah, dan menumbuhkan embrio pusat-pusat pertumbuhan.

 

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Antara



Close Ads