alexametrics
Sisir Jalur Selatan (9)

Ruas Lumajang-Jember, Sementara Dipakai sebagai Tempat Belajar Nyetir

29 April 2022, 13:56:43 WIB

ADA lagi jalur pantai selatan (pansela) di Jawa Timur yang tuntas. Selain pansela Pacitan dan Kabupaten Malang, yang sudah rampung itu penghubung antara Kecamatan Jarit, Kabupaten Lumajang, dan Kecamatan Puger, Kabupaten Jember.

Panjang jalur yang masuk pengerjaan JLS LoT 8 tersebut 23,18 km. ”Saya sering lewat sini. Biasanya juga buat belajar nyetir keluarga. Soalnya masih sepi,” kata Andika, salah seorang warga Tanggul, Jember.

Menurut dia, keberadaan jalur pansela yang tembus hingga ke Lumajang itu benar-benar memangkas durasi perjalanan. Meski secara kilometer terbilang jauh, secara waktu dapat menghemat lebih banyak.

”Pernah ya beberapa waktu lalu iseng. Cuma sejam mungkin, tapi enaknya jalur ini untuk lambat. Indah,” ungkap pria 37 tahun itu.

Bagi dia, jalur tersebut benar-benar rute alternatif menghindari kepadatan arus lalu lintas sepanjang Jember–Lumajang jika melintasi jalur utama. Ancar-ancar akses tersebut cukup mudah.

Jika dari Kabupaten Jember, akses pansela Puger melintasi simpang tiga Rambipuji. Nah, dari simpang tiga tersebut cukup dipilih akses ke selatan. Lurus hingga menjumpai kantor Koramil Puger.

Akses jalan menuju pansela Puger terbilang mirip dengan jalur jalan pada umumnya. Lebih tepatnya akses standar jalan kabupaten. Karena itu, tetap perlu kewaspadaan ekstra. Nah, sesampai di simpang tiga Koramil Puger langsung tekuk kanan menuju jembatan Sungai Besini.

Kami menyisir jalur tersebut pada Rabu (27/4) dari arah Jember. Atmosfer pesisir pantai terasa sejak melintasi jembatan tersebut. Sayang, tak ada rambu jalan yang mengarahkan. Jawa Pos memutuskan menyisir tepian Sungai Besini hingga tampak mercusuar Pantai Puger dari kejauhan. Itu tandanya sudah mendekati pansela Puger.

Sontak, deru ombak pantai selatan Samudra Hindia terdengar dari kejauhan. Sesampai di sana, lagi-lagi kami menyaksikan aspal terakhir sisi Pantai Puger yang nanti tersambung dengan pansela Glenmore di Banyuwangi, kabupaten di ujung timur Jawa. Jarak antara aspal pansela Puger dan bibir pantai pun tak lebih dari 300 meter. Jadi cocok, perjalanan sekaligus healing.

Aktivitas nelayan juga terlihat jelas. Seperti di Pantai Tawang Samudra, kami menyaksikan nelayan tengah memilah hasil tangkapan ikan lemuru atau kerap disebut ikan sarden. Ikan tersebut merupakan komoditas utama nelayan Pantai Puger. ”Ini hasil tangkapan pagi. Mayoritas lemuru. Ada juga tambak udang,” ucap Saifuddin, warga setempat, kepada Jawa Pos.

Bisa dibayangkan potensi ekonomi masyarakat pesisir Pantai Puger jika akses pansela tersebut aktif. Masyarakat dapat menyuguhkan olahan kuliner laut. Belum lagi potensi penginapan. Tapi, ya itu tadi, masih sebatas potensi. Belum ada sentra wisata kuliner maupun tempat menginap. Bahkan, stasiun pengisian bahan bakar juga nihil.

Di pansela Jarit, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, titik tersebut nanti bertemu dengan jalur menuju Piket Nol atau Jembatan Gladak Perak jika ke arah barat. Sedangkan arah timur menuju pusat kota Kabupaten Lumajang.

”Pansela Jawa Timur itu memang bisa disebut Jalur 1.000 Pantai,” kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim-Bali Achmad Subki.

Tentu dengan catatan: kalau sudah tidak bolong-bolong alias telah tersambung penuh.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c19/ttg

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads