alexametrics

Beroperasi Hari Ini, YIA Tidak Layani Penerbangan Internasional

29 Maret 2020, 11:42:17 WIB

JawaPos.com – Yogyakarta International Airport (YIA) mulai beroperasi hari ini, Minggu (29/3). Pada tahap ini pelayanan penerbangan baru untuk domestik.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, saat ini tidak ada penerbangan internasional karena dua maskapai yang menghentikan operasionalnya sementara. Kedua maskapai tersebut AirAsia dan SilkAir.

Sebagaimana diketahui, AirAsia menghentikan sementara penerbangan dari YIA menuju Singapura mulai 1 April 2020 mendatang. Sementara SilkAir menghentikan sementara penerbangan untuk rute Kualalumpur-YIA.

“AirAsia dan SilkAir mereka menyampaikan memberhentikan sementara penerbangannya sampai 11 Mei,” ujarnya dalam teleconfrence, Sabtu (28/3).

Menurut Faik Fahmi, penerbangan internasional bakal beroperasi kembali pada Mei 2020. Namun dengan catatan, jika pandemik virus korona atau covid-19 sudah benar-benar kondusif.

Lebih jauh Faik Fahmi mengatakan, beberapa maskapai pun sudah mengajukan penerbangan tambahan. Salah satunya Scoot Tigerair untuk rute YIA-Singapura.

Hanya saja, detail penambahan penerbangan itu masih menanti situasi terdampak covid-19 kondusif. “Tentu saja harapannya nanti setelah kondisi virus covid itu bisa mereda kita akan kembali komunikasikan untuk memastikan mereka bisa beroperasi dengan memanfaatkan fasilitas bandara yang menurut kami sudah sangat memenuhi standar,” kata Faik Fahmi.

Editor : Ilham Safutra



Close Ads