alexametrics

PLBN Sota di Papua Senilai Rp 114 M Ditargetkan Selesai Akhir 2019

28 November 2019, 15:02:31 WIB

JawaPos.com – Pembangunan fasilitas Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Sota, Papua, ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, PLBN Sota ini menjadi pos lintas batas negara kedua di Papua yang dipercantik setelah PLBN Skow, Jayapura.

PLBN Sota merupakan tambahan pos lintas antara Indonesia dan Papua Nugini. Selain itu, ada juga PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel yang juga akan dibangun.

Basuki menuturkan, pos lintas yang berjarak sekitar 80 kilometer dari Merauke itu dilintasi antara 20-25 orang perharinya. Meski tak sebesar PLBN Skow, Basuki menyebut pemerintah tetap meningkatkan fasilitas Sota.

“Sehingga di samping fungsi pertahanan keamanan, bisa menjadi tujuan orang melihat perbatasan di selatan Papua. Sehingga menjadi ikon baru di Indonesia timur,” kata Basuki dilansir dari Antara, Kamis (28/11).

Pembangunan PLBN Sota dilakukan oleh Ditjen Cipta Karya. Ada tiga zona yang dibangun, yakni zona inti, sub inti, dan pendukung.

Pada zona inti, akan dibangun PLBN, gudang sita, klinik, monumen Garuda, gerbang dan check point, serta prasarana pendukung lainnya. Sedangkan pada zona sub inti, akan dibangun antara lain rumah pegawai dan wisma Indonesia.

Adapun pada zona pendukung akan dibangun berbagai fasilitas antara lain rest area, gereja, musola, parkir, dan pasar. Pembangunan PLBN dimulai awal 2019 dengan biaya mencapai Rp 114 miliar. Saat ini, progres fisiknya mencapai 81,01 persen.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Antara



Close Ads