alexametrics

Mau Pulkam, PUPR Dorong Pemudik Manfaatkan Jalur Pantai Selatan Jawa

27 April 2022, 08:10:06 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggaungkan jalur pantai selatan (Pansela) Jawa sebagai jalur alternatif untuk mudik pada musim mudik tahun 2022. Jalur sepanjang 1.242 km mulai dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur ini dipromosikan punya panorama yang menyejukkan mata.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja menghimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran mau memanfaatkan jalur alternatif dan berangkat lebih awal guna menghindari kepadatan dan kemacetan.

Endra, di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa pemerintah tak hentinya mengampanyekan agar pemudik di Pulau Jawa juga bisa menggunakan jalur Pantai Selatan (Pansela) alih-alih melalui jalur Pantai Utara (Pantura) yang diprediksi akan paling ramai lalu lintasnya.

“Bahwa kita tidak hanya gunakan jalur Pantura, tapi tambah Pansela. Pulau Jawa sudah terhubung mulai dari Banten sampai Pacitan 1.242 km sudah terhubung semua. Kecuali ada sedikit tidak bisa dilalui angkutan berat, bus, di Cilacap-Karang Bolong. Tapi kendaraan pribadi bisa,” kata Endra.

Dia menerangkan bahwa pemerintah menyiapkan jalur alternatif melalui Pansela sekaligus mengenalkan destinasi wisata di wilayah Selatan Jawa, mulai dari Sukabumi, Pangandaran, Cilacap, Yogyakarta, Wonogiri, dan seterusnya.

“Sekaligus kampanye destinasi wisata baru, karena khawatir Pantura overload, jadi kami siapkan jalur baru. Di Sumatera juga begitu, jalan nasionalnya kita siapkan dari lintas barat, lintas tengah, lintas timur selain jalan tol,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads