alexametrics

Pemerintah Arab Tunjuk Waskita Karya Bangun Masjid Raya Sheikh Zayed

26 April 2021, 17:16:24 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Persatuan Emirat Arab menunjuk perusahaan pelat merah PT Waskita Karya Tbk untuk membangun masjid raya Sheikh Zayed di Solo. Artinya, Waskita menjadi pemenang tender masjid yang merupakan pemberian dari Putra Mahkota Abu Dhabi sekaligus Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata PEA, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

“Kedutaan Besar Persatuan Emirat Arab (PEA) di Jakarta pada 26 April 2021 mengumumkan keputusan Pemerintah PEA yang menetapkan PT Waskita Karya sebagai pemenang tender pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo,” kata Duta Besar PEA untuk Indonesia, Abdullah Salem Al Dhaheri dalam keterangannya, Senin (26/4).

Ia menyebut, masjid ini menjadi simbol eratnya hubungan antara kedua negara.
Masjid tersebut akan dibangun pada lahan seluas 3 hektare di Gilingan, Banjarsari, Solo.

Masjid ini dapat mengakomodasi hingga 10.000 jamaah. Pembangunan diproyeksikan akan selesai dalam 1,5 tahun atau sekitar pertengahan Agustus 2022.

Abdullah Salem Al Dhaheri menyatakan bahwa Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, sebagai replika dari Masjid Raya Sheikh Zayed yang berada di Abu Dhabi, akan memiliki kekhasan tersendiri berupa arsitektur Islam modern. Masjid ini akan menjadi simbol persahabatan antara kedua negara, diharapkan bisa menjadi pusat syiar Islam di Indonesia.

Sementara, Duta Besar Indonesia untuk PEA Husin Bagis mengatakan, dengan telah ditetapkannya keputusan Pemerintah PEA untuk perusahaan pelaksana pembangunan oleh Pemerintah PEA, maka proses pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo segera dimulai.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads