alexametrics

PUPR Perbaiki 9 Ruas Pantai Selatan Jawa Sepanjang 99,63 Km

26 Maret 2021, 11:48:56 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal membenahi sembilan ruas jalur pantai selatan (pansela) Jawa sepanjang 99,63 kilometer. Selain untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2021, perbaikan itu bertujuan untuk mendukung pariwisata dan meningkatkan perekonomian di wilayah sepanjang pansela Jawa.

Ramainya akses di jalan sepanjang 1.604 km yang membentang dari Banten hingga Jawa Timur (Jatim) tersebut diharapkan bisa mengurangi kesenjangan dengan wilayah pantai utara (pantura) Jawa yang potensi ekonominya lebih maju.

”Kita terus promosikan jalur pansela Jawa supaya orang tertarik lewat selatan. Karena tidak hanya jalannya yang bagus, tapi juga memiliki pemandangan yang indah, panoramic road, banyak objek wisata,” tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kamis (25/3).

Ditjen Bina Marga saat ini tengah meningkatkan kualitas layanan jalur pansela Jawa sepanjang 99,63 km. Terdiri atas sembilan ruas yang tersebar di wilayah Jawa Tengah (Jateng), DIJ, dan Jatim. Penanganan jalur meliputi pembangunan jalan baru, preservasi atau pemeliharaan, rehabilitasi, rekonstruksi jalan dan jembatan, serta pelebaran jalan.

Penanganan jalan pansela Jawa dilaksanakan melalui program regional road development project (RRDP) yang didanai Islamic Development Bank (IDB). Masa pelaksanaannya Agustus 2019 hingga Februari 2023.

Menurut data dari Ditjen Bina Marga Kemen PUPR, penanganan terbagi menjadi beberapa provinsi. Di Jateng, penanganan jalur dilakukan di dua ruas di Kabupaten Cilacap dan Kebumen dengan total panjang 10,65 km. Ruas pertama adalah Tambakreja–Bantarsari di Kabupaten Cilacap sepanjang 6,15 km dengan progres fisik 81,59 persen.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : tau/c9/oni




Close Ads