alexametrics

SPAM Semarang Senilai Rp 1,15 T Sudah Beroperasi

25 Mei 2021, 17:32:02 WIB

JawaPos.com – Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat tuntas dikerjakan. Proyek yang menelan dana investasi sebesar Rp 1,15 triliun itu sudah mulai dioperasikan secara komersial pada Sabtu (22/5).

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, pengerjaan SPAM Semarang sempat terdampak pandemi Covid-19. Namun, proyek yang digarap dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) itu bisa diselesaikan dengan tepat waktu.

“Dengan beroperasinya SPAM Semarang Barat ini mudah-mudahan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik,” kata Hendi dalam siaran persnya, Selasa (25/5).

Hendi meminta PDAM Tirta Meodal BUMD yang menggawangi SPAM Semarang Barat dapat memanfaatkannya untuk mengurangi keluhan masyarakat terkait ketersediaan air bersih dan air minum.

Sebagaimana diketahui, proyek SPAM Semarang Barat dibangun di kawasan Jatibarang, Kota Semarang. Proyek itu dibiayai bersama antara pemerintah pusat, Pemerintah Kota Semarang, dan PT Air Semarang Barat (ASB) selaku dari pihak swasta. PT ASB merupakan konsorsium antara Moya Group dan PT Medco Infrastruktur Indonesia.

“KPBU dalam bidang investasi air bersih merupakan kali pertama dilakukan di Kota Semarang,” tuturnya.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads