alexametrics

Pelindo Revitalisasi Pelabuhan Kalimas untuk Cegah Banjir Rob

23 Mei 2022, 14:48:42 WIB

JawaPos.comBanjir rob sebenarnya sudah menjadi problem rutin tahunan. Namun, aliran air dari laut kali ini dirasakan lebih deras. PT Pelindo bakal menata kawasan Pelabuhan Kalimas untuk mencegah adanya genangan.

Banjir rob di pelabuhan terjadi sepekan terakhir. Air tidak saja menggenangi kawasan dermaga. Akses utama menuju Pelabuhan Ujung dan Kalimas juga tertutup air.

Imbas banjir rob, aktivitas di pelabuhan terganggu. Ada keluhan soal keterlambatan bongkar muat. Para pengusaha kapal berharap ada penanganan genangan yang terjadi musiman.

Terkait banjir rob, General Manager Pelabuhan Kalimas dan Pelabuhan Dany Rachmad Agustian menjelaskan bahwa Pelindo sudah menormalisasi saluran untuk mencegah genangan. Hanya, debit air yang naik kali ini cukup besar. Naiknya air ke daratan, kata Dany, turut dipengaruhi tingginya aktivitas kapal di pelabuhan.

Dany menuturkan, ada sejumlah solusi yang akan ditempuh untuk mencegah banjir rob di pelabuhan. Salah satunya, mengeruk Pelabuhan Kalimas. ’’Pengerukan tak bisa dilakukan tahun ini. Kegiatan itu mungkin baru berjalan pada 2023,” kata Dany.

Menurut dia, proses pengerukan tidak bisa dilakukan secara ngawur. Dermaga Kalimas harus diperkuat dulu. Tujuannya, tidak terjadi kerusakan saat pengambilan lumpur.

’’Normalisasi Sungai Kalimas tidak hanya dilakukan untuk mencegah genangan. Namun juga mendorong pertumbuhan arus kapal,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa kawasan Pelabuhan Kalimas akan ditata untuk memperlancar bongkar muat. Selain melakukan pengerukan, Pelindo memperkuat dermaga.

Saat ini kondisi dermaga memang memerlukan perhatian. Usianya sudah tua. Dermaga rawan rusak jika disandari kapal.

Dany menambahkan, upaya memperkuat dermaga rencananya dilakukan tahun depan. Proyek digarap bertahap. ’’Usulan kami Rp 8 miliar. Penguatan dermaga akan dilanjutkan dengan pengerukan,” katanya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : hen/c7/tia

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads