alexametrics
Tingkatkan Layanan Air Bersih di Jatim

Presiden Jokowi Resmikan Pengoperasian SPAM Umbulan di Pasuruan

23 Maret 2021, 06:25:03 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya meningkatkan pemenuhan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Terakhir, Presiden Joko Widodo meresmikan SPAM Umbulan, Jawa Timur untuk menambah pasokan air bersih perpipaan pada 5 kota/kabupaten yakni di Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik.

Presiden yang berkesempatan melakukan pemutaran tuas katup air dan penandatanganan prasasti di Pasuruhan, Senin (22/3), mengatakan air yang berasal dari Umbulan keadaanya sudah bersih, sehingga bisa langsung dimanfaatkan dan tidak pakai formula yang rumit-rumit. “Kapasitanya juga besar, yakni 4.000 liter/detik,” ujar Jokowi.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Air yang berasal dari sini keadaanya sudah bersih, sehingga bisa langsung dimanfaatkan dan tidak pakai formula yang rumit-rumit. Kapasitanya juga besar 4.000 liter/detik,” kata Presiden Jokowi.

Saat ini SPAM Umbulan sudah dapat dimanfaatkan sebesar 900 liter/detik dari total kapasitas sebesar 4.000 liter/detik. Presiden Jokowi meminta kepada seluruh stakeholder untuk segera memanfaatkan infrastruktur yang telah selesai dibangun, sehingga manfaatnya segera dapat dirasakan masyarakat.

“Masih ada 80% yang perlu diselesaikan dari pipa utama sampai masuk ke pipa rumah tangga. Oleh sebab itu, saya minta Bupati dan Walikota yang teraliri segera bertemu Gubernur, Menteri PUPR, dan Manajemen PT. Meta Adhya Tirta duduk bersama,” tutur Jokowi.

Editor : Mohamad Nur Asikin




Close Ads