alexametrics

Rel Terendam Banjir, 13 Kereta Api Batal Berangkat

22 Februari 2021, 11:28:57 WIB

JawaPos.com − PT Kereta Api Indonesia (KAI) membatalkan seluruh jadwal keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Jakarta, kemarin. Sebab, beberapa jalur rel masih terendam banjir sampai kemarin siang.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunnisa mengungkapkan, hujan deras yang melanda kawasan Jabodetabek membuat beberapa jalur rel terendam. Akibatnya, perjalanan kereta api (KA) jarak jauh terhambat. Beberapa titik yang terendam, antara lain, berada di antara Kedunggedeh hingga Lemah Abang di Km 55 +100 sampai Km 53+600. Ketinggian air dilaporkan mencapai 150 sentimeter (cm).

Selain membuat jalur rel tergenang, aliran banjir yang cukup deras mengakibatkan fondasi batu ballast pada rel tergerus. ”Tim prasarana KAI masih melakukan perbaikan secara berkala, salah satunya dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang,” kata Eva kemarin (21/2).

Karena genangan yang cukup tinggi tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta memutuskan membatalkan perjalanan KA untuk keseluruhan jadwal keberangkatan Minggu, 21 Februari 2021. PT KAI mencatat, sampai pukul 13.00 WIB kemarin, ada tujuh rangkaian kereta yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen yang dibatalkan. Meliputi jurusan Purwosari, Tegal, Purwokerto, Malang, Surabaya Pasar Turi, dan Surabaya Gubeng.

Sementara itu, dari Stasiun Gambir, enam rangkaian kereta api yang dibatalkan terdiri atas jurusan Bandung, Malang, Kiaracondong, Solo Balapan, Surabaya Pasar Turi, dan Surabaya Gubeng.

Eva mengatakan, pihaknya sudah memberitahukan kepada para calon penumpang KA yang memesan rute-rute tersebut. Calon penumpang dapat melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access atau loket pembatalan di stasiun. ”Uang tiket akan dikembalikan 100 persen,” tegas Eva.

Untuk memaksimalkan layanan, pengguna jasa dari arah Jawa Tengah dan Jawa Timur menuju Jakarta ditangani dengan menggunakan bus untuk perjalanan lanjutan. KA yang menuju arah Jakarta hanya bisa berhenti sampai Stasiun Cikampek, Klari, dan Karawang. ”Bus disediakan secara gratis oleh PT KAI,” jelasnya.

Jalan Tol

Banjir di ruas Tol TB Simatupang, Jakarta, Sabtu (20/2/2021). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Beberapa titik akses tol yang terendam banjir sejak Sabtu (20/2) di Jabodetabek berangsur normal kemarin. ”Hingga pagi ini (Minggu 21/2, Red) dapat kami sampaikan bahwa situasi terkini dari jalan tol Jakarta−Cikampek Km 19 arah Jakarta kembali normal dan genangan telah surut,” Kata Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru kemarin (21/2).

Meski demikian, kata Heru, pihaknya masih menangani genangan di Simpang Susun Bitung di jalan tol Jakarta−Tangerang.

Heru menjelaskan, penanganan dilakukan sejak Sabtu (20/1) dengan penempatan petugas lalu lintas di lokasi. Selain itu, menutup sementara rest area Km 19 arah Cikampek, serta melakukan pembangunan tanggul sementara.

Baca juga: Anies Klaim Banjir Jakarta Surut 99,9 Persen Dalam Sehari

Total ada lima pompa yang ditempatkan di lokasi, termasuk pompa Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Petugas juga menambah saluran samping untuk mengalirkan luapan air Kali Jambe, Bekasi. ”Kami juga memasang sandbag hingga membersihkan sampah banjir di Kali Jambe, Bekasi,” jelas Heru.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/c17/oni




Close Ads