alexametrics

Pelabuhan Patimban Butuh Akses Tol

21 November 2020, 17:27:33 WIB

JawaPos.com – Pemerintah terus menggenjot infrastruktur untuk mendorong perkembangan industri dalam negeri. Salah satunya adalah membuka fasilitas Pelabuhan Patimban. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengapresiasi kehadiran pelabuhan yang diyakini akan mendukung ekspor otomotif nasional tersebut.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi berharap Patimban dilengkapi dengan infrastruktur jalan. Yakni, akses tol dari dan menuju pelabuhan tersebut. Saat ini industri otomotif merupakan salah satu lokomotif perekonomian dengan kontribusi GDP sekitar 3,98 persen.

“Adanya fasilitas baru, Pelabuhan Patimban, diharapkan dapat lebih memperlancar perkembangan industri nasional,” ujar Yohannes Jumat (20/11).

Dia berharap pemerintah memperhatikan aspek cost competitiveness Patimban. Dengan demikian, pelabuhan di Subang, Jawa Barat (Jabar), itu bisa berkompetisi dengan pelabuhan lain di kawasan ASEAN.

“Paling tidak bisa berkompetisi dengan pelabuhan pengiriman di Thailand maupun di Vietnam, Malaysia, atau Singapura,” tambahnya.

Yohannes lantas menyebut akses jalan tol sebagai faktor kompetisi utama. Dia meminta agar jalan tol ke arah Patimban bisa segera beroperasi. Itu akan berkaitan dengan pengiriman barang ke luar wilayah Pulau Jawa maupun untuk ekspor ke luar negeri.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa Pelabuhan Patimban akan selesai dibangun pada akhir November. Selanjutnya, soft launching dilakukan pada Desember 2020.

Namun, akses tol menuju Patimban memang masih dikerjakan. Budi memproyeksikan, tol sambungan tersebut baru rampung pada 2022. “Sekitar dua tahun lagi itu ada jalan tol. Tapi, dalam waktu dekat ini, sudah ada jalan-jalan yang di-improve agar angkutan dari dan ke Patimban ini lancar,” tandasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (agf/c12/hep)



Close Ads