Menteri PUPR Sebut Jalan Tol Bawen-Jogjakarta Tak Kepras Bukit

21 Januari 2023, 23:22:19 WIB

JawaPos.com–Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono menegaskan, pembangunan jalan tol Bawen-Jogjakarta tidak akan mengepras bukit.

”Saya kira tidak ada masalah, pembangunan tol Bawen-Jogjakarta jalan terus,” kata seperti dilansir dari Antara, Sabtu (21/1).

Jalan tol Bawen-Jogjakarta direncanakan dibangun sepanjang 75,82 kilometer yang melintasi dua provinsi. Yakni Provinsi Jawa Tengah sepanjang 67,05 kilometer dan Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) sepanjang 8,77 kilometer.

”Pembangunan jalan tol Bawen-Jogjakarta, saya tidak ingin mengepras bukit lagi seperti tol Semarang-Solo, maka akan dibuat terowongan,” terang Basuki Hadimoeljono.

Dia mengatakan, dengan menggunakan terowongan akan lebih baik. Apalagi di kawasan itu merupakan tempat wisata. ”Kita punya hutan kopi hanya tinggal di Banaran itu, kalau itu rusak (dikepras), eman-eman (sayang),” tutur Basuki Hadimoeljono.

Dia menyebutkan, dalam pembangunan jalan tol Bawen-Jogjakarta, akan dibangun dua terowongan. Pembangunan jalan tol Bawen-Jogjakarta di wilayah Jawa Tengah, terutama di Kabupaten Magelang dan Temanggung secara bertahap tengah dilakukan pembayaran ganti rugi tanah.

Sementara itu, Basuki Hadimoeljono saat meresmikan proyek penataan kawasan Umbul Jumprit di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mengatakan, penataan itu merupakan salah satu program PUPR untuk membenahi kawasan-kawasan wisata. Umbul Jumprit setiap tahun dimanfaatkan umat Buddha untuk ritual pengambilan air berkah pada perayaan Waisak.

Biaya penataan Umbul Jumprit Rp 3,6 miliar, diharapkan dapat mendorong perkembangan wisata religi dan meningkatkan kenyamanan pengunjung wisata selama berziarah. Basuki menyampaikan, tidak hanya kawasan wisata super prioritas seperti Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuhan Bajo yang dilakukan penataan tetapi juga wisata-wisata desa seperti Umbul Jumprit.

”Kalau ada usul, terutama dari anggota DPR dari daerah pemilihannya. Kalau itu memang potensial kami dukung, salah satunya di Jumprit ini,” ucap Basuki Hadimoeljono.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads