alexametrics

Bangunan Memakai Panel Beton, Gunakan yang Tahan Gempa

20 Februari 2020, 19:53:40 WIB

JawaPos.com – Pemanfaatan panel beton untuk mendukung pembangunan infrastruktur semakin digemari. Tapi, tidak jarang juga yang gampang rusak atau rembes.

Biasanya panel yang dimanfaatkan tidak ramah teknologi dan tidak kedap air. Baru-baru ini pengembang mulai memanfaatkan Prima Wall System (PWS). Panel tersebut terdiri atas panel-panel beton bertautan yang berbentuk khusus dan berfungsi untuk membuat saluran, turap, serta bak beton.

Panel itu berukuran fleksibel. Ada berbentuk bujur sangkar atau trapesium. Bobotnya ringan dan dapat diangkut hanya oleh satu sampai dua orang tenaga kerja.

“Panel ini tidak memerlukan alat besar dan berat, sehingga ideal untuk diterapkan di lokasi yang tidak dapat diakses oleh kendaran,” ungkap General Manager PT Prima Graha Bangun Tunggal Indriyanto Isnugroho seperti dilansir Antara, Kamis (20/2).

Menurut Direktur PT Prima Graha Bangun Tunggal Michael Aloen Chandranata, panel beton PWS telah diaplikasikan untuk berbagai keperluan dalam pembangunan. Baik untuk pembangunan saluran perkotaan dan saluran tersier, sekunder, bendung, turap, reservoir.

“Kelebihannya tahan gempa bila dibanding sistem pondasi batu kali, sloof, kolom beton yang diisi batu bata atau panel-panel,” ungkap Michael Chandranata.

Dia berharap pihaknya bisa ikut serta dalam menata infrastruktur di tanah air dengan mengutamakan hemat biaya dan waktu pengerjaan yang cepat. Lebih dari itu, para pembeli rumah dari developer bisa mendapatkan rumah yang berkualitas istimewa dan kuat.

Kini PWS sudah diterapkan membangun turap sepanjang 4 meter di Jonggol Ciputra Group, saluran lebar dan tinggi 1,5 meter proyek PLN Talaud, 25 km saluran bentuk trapesium tol Batang- Semarang, 17 km saluran perkotaan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Antara



Close Ads