alexametrics

Terminal 1 Diperluas, Juanda Bisa Tampung 13,6 Juta Penumpang

19 November 2019, 15:48:17 WIB

JawaPos.com – Pengerjaan perluasan Terminal 1 Bandara Juanda terus dikebut. Pengelola menargetkan, pembangunan terminal tahap I itu bisa selesai sebelum Lebaran 2020.

Dari pantauan Jawa Pos, beberapa tiang penyangga dan beton lantai atas di beberapa bagian sudah dikerjakan. Sisanya, tampak kerangka besi dan baja dijulangkan untuk persiapan pembetonan.

Di sisi utara area pembangunan terminal, beberapa pekerja juga terlihat merapikan batako dan aspal. Area lapang beraspal itu rencananya dipakai untuk perluasan tempat parkir. ’’Kami optimistis bisa menyelesaikan pekerjaan ini sesuai jadwal yang telah ditetapkan, yaitu pada Agustus 2020,’’ terang Communication & Legal Section Head PT Angkasa Pura I Juanda Yuristo Ardhi Hanggoro.

Bersama PT Waskita Karya, rekanan yang menggarap proyek itu, pihaknya menargetkan bahwa terminal I bisa digunakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik pada musim Lebaran tahun depan.

Hingga minggu kedua November, progres pengerjaan perluasan dan pembenahan interior T1 tahap I beserta fasilitas penunjangnya telah mencapai 12,8 persen. Realisasi tersebut lebih cepat daripada target yang ditetapkan, yaitu 7,173 persen. Menurut Yuristo, pada Desember 2019 progres pengerjaan akan mencapai 48,39 persen. ’’Akan dimulai pengerjaan arsitektur pada Desember,’’ jelasnya Jika proyek tersebut selesai, luas bangunan T1 Bandara Juanda yang semula 62.700 meter persegi akan menjadi 91.700 meter persegi. Kapasitasnya juga bertambah dari 6 juta penumpang menjadi 13,6 juta orang per tahun.

Yuristo menambahkan, setelah pembangunan tahap 1 rampung, ada perubahan dalam pengoperasian bandara. Salah satunya adalah pemisahan penempatan terminal kedatangan dan keberangkatan. ’’Saat ini di terminal 1A dan 1B terdapat area kedatangan dan keberangkatan. Dalam rencana proyek pengembangan, akan ada perubahan. Terminal 1A akan menjadi terminal keberangkatan dan terminal 1B menjadi terminal kedatangan,’’ jelasnya.

Dengan demikian, T1 beserta fasilitasnya diharapkan bisa memberikan layanan kebandarudaraan dengan mengutamakan kenyamanan tanpa mengesampingkan aspek keselamatan dan keamanan.

Yuristo mengatakan, untuk menunjang perluasan terminal itu, PT Angkasa Pura 1 juga menambah luas kapasitas parkir. Saat ini luas area parkir hanya 63.669 meter persegi.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c7/git



Close Ads