alexametrics

Pembangunan Jalan Tol Layang A.P Pettarani Capai 85 Persen

18 Mei 2020, 04:32:18 WIB

JawaPos.com – Jalan Tol Layang A.P Pettarani yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan tahap pembangunannya telah mencapai 85 persen. Capaian ini didukung oleh selesainya pemasangan span terakhir erection box girder.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa jalan tol layang ini akan menjadi akses Makassar New Port. Di mana nantinya juga akan menghubungankan pelabuhan Soekarno-Hatta dengan Pettarani.

“Saya ingin sampaikan apresiasi, karena ini sekecil apapun ada inovasi dalam pembangunannya. Tol ini juga akan menghubungkan New Port, dari Soekarno-Hatta, dan dari bandara Sultan Hasanuddin langsung ke pesisir selatan,” ungkapnya melalui video conference, Minggu (17/5).

Di waktu yang sama, Direktur Operasional PT Wijaya Karya Beton I Ketut Pasek Senjaya Putra menjelaskan bahwa sudah ada beberapa konstruksi yang selesai sepenuhnya, yakni untuk pemasangan konstruksi bored pile, pile cap, pier head serta slab on pile dan kolom.

“Untuk instalasi PCU girder sudah 100 persen, box girder sudah 100 persen dan pekerjaan parapet 50 persen,” tutur dia.

Adapun, pengerjaan yang masih dalam tahap penyelesaian adalah pekerjaan aspal, pamasangan expansion joint, rambu, marka, pekerjaan jalan arteri, pipa drainase serta PJU.

Apabila pembangunan jalan tol ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan target awal, jalan tol layang ini akan beroperasi pada September 2020 mendatang. Jalan tol ini juga akan menjadi yang pertama dibangun di kawasan Indonesia Timur.

“Selamat pak gubernur, pak wali kota, investor, pelaksana yang telah berhasil menyelesaikan tahapan jalan tol layang ini. Insya Allah selesai waktunya dan bisa dipakai September 2020,” tutup Basuki.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads