alexametrics

Pemerintah Garap Proyek SPAM di Pekanbaru Senilai Rp 499,9 Miliar

17 Desember 2020, 16:48:29 WIB

JawaPos.com – Penyediaan air minum menjadi perhatian besar bagi pemerintah untuk di daerah. Air minum merupakan kebutuhan utama yang tidak bisa ditawar. Apalagi kini di tengah pandemi.

Di Kota Pekanbaru, pemerintah menggarap proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Rp 499,9 miliar. Proyek tersebut dilaksanakan dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Proyek itu melibatkan PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru, sebagai penanggung jawab proyek kerja sama (PJPK); PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), sebagai Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur (BUPI); dan PT Pembangunan Perumahan Tirta Madani, sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP).

Direktur Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Luky Alfirman menuturkan, Kemenkeu telah menyediakan berbagai bentuk dukungan melalui fiscal tools sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong percepatan penyediaan infrastruktur pada proyek dengan skema KPBU.

Dalam proyek SPAM Kota Pekanbaru, selain penjaminan pemerintah melalui PT PII, dukungan lain yang diberikan Kemenkeu pada proyek SPAM Pekanbaru adalah Viability Gap Fund (VGF)/Dukungan Kelayakan, dan Project Development Facility (PDF).

“Fasilitas-fasilitas yang diberikan Pemerintah melalui Kementerian Keuangan ini diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan infrastruktur,” ujar Luky Alfirman kepada wartawan Kamis (17/12).

Baca juga: Skema Pembiayaan Infrastruktur Mendatang: Swasta Dulu, Baru APBN

Proyek SPAM Kota Pekanbaru merupakan proyek pembangunan dan pengoperasian SPAM berkapasitas 750 lpd dengan nilai Capex sebesar Rp 499,9 miliar. Angka itudi luar jaringan distribusi. Melalui proyek SPAM Kota Pekanbaru ini, Luky Alfirman berharap PDAM Tirta Siak dapat meningkatkan kapasitas untuk melayani sampai dengan 61.000 SL, atau hingga hampir empat kali lipat dari kapasitas jumlah pelanggan yang dilayani pada saat ini.

Adapun penandatanganan perjanjian proyek berlangsung secara virtual pada Rabu (16/12).

Baca juga: Garap Proyek SPAM Dumai, Adhi Karya Gandeng Adaro Tirta

Dirut PT PII M. Wahid Sutopo menyatakan, pihaknya sebagai SMV Kemenkeu telah memberikan penjaminan pada proyek tersebut dengan total nilai eksposur penjaminan sebesar Rp 469 Miliar. Penjaminan itu berlaku sampai dengan 15 tahun masa operasi komersial.

“Pemerintah Kota Pekanbaru dan PDAM Tirta Siak yang telah mempercayakan skema penjaminan pemerintah melalui PT PII. Proyek SPAM Kota Pekanbaru adalah proyek ke-30 yang mendapatkan skema penjaminan dari PT PII,” terang Wahid Sutopo.

Baca juga: IIF Berikan Pinjaman Rp 420 Miliar Untuk Pengembangan SPAM Gresik

Sementara itu, proyek SPAM di Pekanbaru adalah yang keempat, setelah SPAM Umbulan, SPAM Bandar Lampung dan SPAM Semarang Barat. “Harapannya skema penjaminan ini menambah keyakinan bagi para investor dan lembaga keuangan untuk berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan infrastruktur” tandas Sutopo.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra


Close Ads