Kolaborasi DCI Indonesia dan APJII Perkuat Koneksi Internet Indonesia

17 Januari 2023, 20:00:23 WIB

JawaPos.com – Penyedia layanan infrastruktur pusat data PT DCI Indonesia Tbk menjalin kerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan penyedia alat komunikasi an solusi jarungan ZTE meluncurkan node Indonesia Internet Exchange (IIX).

Dengan konsep dan topologi yang dihadirkan, Node IIX akan menjadi node redundansi serta dapat mengurangi risiko Single Point Of Failure (SPOF) yang mampu mencegah terjadinya gangguan internet dalam skala besar.

Deputy President Director PT DCI Indonesia Tbk, Marco Cioffi mengungkapkan kolaborasi dengan APJII dan ZTE bagian dari komitmen perusahaan untuk memastikan infrastruktur digital yang lebih tangguh untuk Indonesia. Kolaborasi ini akan bermanfaat seiring berkembang pesatnya pusat data di Indonesia.

“10 tahun lalu mungkin belum banyak yang membutuhkan data center Indonesia, tetapi lima tahun ke belakang, DCI sudah membangun tiga gedung bar data center dan semuanya terisi penuh,” ujar Marco disela peluncuran node Indonesia Internet Exchange (IIX) di salah satu fasilitas DCI Indonesia yang beroperasi di Cibitung, Jawa Barat, Selasa (17/1).

Kehadiran Node IIX di DCI diharapkan mampu mengakselerasi perkembangan ekonomi digital sekaligus pemerataan pembangunan infrastruktur digital di Indonesia dengan dukungan dari fasilitas teknologi kelas dunia yang DCI miliki.

DCI mendukung IIX dengan infrastruktur dan operasional pusat data yang memiliki pencapaian 100% uptime sejak beroperasi di 2013. Sehingga APJII dapat menghadirkan layanan IIX dengan tingkat layanan yang lebih tinggi untuk memberikan kestabilan akses internet bagi pengguna internet di Indonesia.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh APJII tahun 2022 yang lalu, total pengguna internet Indonesia tumbuh menjadi 210.026.769 juta selama periode 2021-2022, dengan tingkat penetrasi 77,02 persen. Oleh karena itu, peningkatan koneksi Internet di dalam negeri patut menjadi perhatian berbagai pihak terkait, dan salah satunya dukungan dalam bentuk pembangunan fasilitas infrastruktur Internet yang memadai.

“Kami menyambut baik kehadiran fasilitas Node Indonesia Internet Exchange (IIX) yang diluncurkan oleh PT DCI Indonesia.Melihat kebutuhan Internet masyarakat Indonesia yang terus meningkat secara signifikan, kehadiran fasilitas seperti tentunya menjadi kebutuhan utama masyarakat yang sejalan dengan komitmen dan upaya pemerintah. Menurut saya, kerjasama APJII dengan DCI ini menjadi salah satu bentuk nyata dukungan dan komitmen bersama dalam mendukung upaya tersebut.” ujar Muhamad Arif, Ketua Umum APJII.

 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads