alexametrics

Percepat Mobilitas Antar Provinsi, Pemkab Solsel Usul Tol Sumbar-Jambi

17 Januari 2022, 16:34:19 WIB

JawaPos.com – Kebutuhan ruas jalan yang terkoneksi antardaerah semakin meningkat di daerah. Pemkab Solok Selatan (Solsel), Sumbar, mengusulkan pembangunan jalan tol untuk wilayah selatan Sumbar. Tol itu dapat menghubungkan Sumbar dengan Jambi.

Kepala Bappeda Solsel Taufik Effendi mengatakan, pihaknya menginginkan adanya ruas jalan yang mempercepat mobilitas masyarakat untuk wilayah bagian selatan Sumbar. Opsi itu dapat dibangun jalan tol atau nontol. “Ini dasar pemikiran Bapak Bupati Solsel Khairunnas,” ujar Taufik Effendi kepada JawaPos.com, Senin (17/1).

Adapun usulan tol bagian selatan itu merupakan terusan dari rencana pembangunan tol untuk ruas tol Dharmasraya-Kuansing- Rengat. “Baru-baru ini wilayah Kabupaten Dharmasraya direkomendasikan pembangunan jalan tol.Nah, kami mengusulkan ruas tersebut diteruskan ke ruas Sungai Kunik (Sukun) di Solsel,” kata mantan Kepala Bappeda Kabupaten Solok itu. Jika diteruskan ke Sungai Kunik, maka ada penambahan 54 kilometer.

Taufik menambahkan, dengan adanya penambahan ruas itu, maka dapat mempercepat mobilitas masyarakat di Kabupaten Kerinci di Provinsi Jambi dengan beberapa kabupaten di Sumbar. Yakni Solok Selatan, Pesisir Selatan, dan Sijunjung. Menarik lagi, tol itu bisa terhubung dengan tol Trans-Sumatera.

“Usulan ini telah kami sampaikan ke Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah hari ini,” imbuh Taufik Effendi. Penyampaian usulan itu dilakukan dalam Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Sumbar. Untuk menindaklanjuti pemikiran itu, maka perlu kerja sama sejumlah kabupaten di Sumbar dan Jambi.

Dikutip dari laman dharmasraya.go.id, pada 2022 terdapat rencana umum Kementerian PUPR yakni pembangunan tol Dharmasraya-Kuansing- Rengat. Ruas tol tersebut meliputi Kabupaten Dharmasraya (Sumbar) dan dua kabupaten di Riau, yakni Kuansing, Indragiri Hulu.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads