alexametrics

Konstruksi Tol Semarang-Demak Seksi 2 Capai 80,63 Persen

16 Mei 2022, 19:33:03 WIB

JawaPos.com–Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan, progres pembangunan Jalan Tol Semarang–Demak Seksi 2 Sayung–Demak telah mencapai 80,63 persen. Pembangunan ditargetkan selesai konstruksi pada akhir 2022.

Keterangan resmi BPJT yang dilansir dari Antara menyatakan, kehadiran jalan Tol Semarang–Demak diharapkan makin melengkapi konektivitas jaringan jalan tol dan arteri utama sisi utara Jawa. Ditambah dengan fasilitas Tanggul Laut Kota Semarang, akan makin mendukung pusat ekonomi baru di Jawa Tengah.

”Jalan tol ini juga difungsikan sebagai penahan banjir rob serta mengatasi banjir yang selama ini menjadi permasalahan di Kota Semarang,” terang BPJT.

Jalan tol sepanjang 27 km itu memiliki dua seksi. Yakni Semarang/Kaligawe–Sayung sepanjang 10,69 km yang merupakan porsi pemerintah dengan target selesai konstruksi pada 2024. Seksi 2 ruas Sayung–Demak sepanjang 16,31 km merupakan porsi badan usaha jalan tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak.

Jalan Tol Semarang–Demak dilengkapi dua simpang susun (SS). Yakni Sayung dan Demak. Konstruksi jalan juga menggunakan produk dalam negeri berupa beton precast PT WIKA Beton.

”Pembangunan Jalan Tol Semarang–Demak terintegrasi tanggul laut dengan struktur timbunan di atas laut juga diperkuat matras bambu setebal 17 lapis,” tulis keterangan BPJT.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads