alexametrics

Infrastruktur Penghubung jadi Prioritas Lima Tahun ke Depan

15 Oktober 2019, 12:11:48 WIB

JawaPos.com – Pembangunan infrastruktur tetap akan dilakukan pemerintah dalam lima tahun ke depan. Namun pada periode kedua pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) ini, pemerintah akan lebih selektif mana infrastruktur yang akan dibangun.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam perhelatan Indonesia Trade and Investment Summit 2019 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Selasa (15/10).

“Pemerintah akan tetap membangun infrastruktur dengan beberapa catatan serta prioritas. Ke depan tidak terlalu fokus backbone infrastruktur,” ungkap Darmin.

Infrastruktur prioritas yang akan dibangun lima tahun ke depan adalah infrastruktur penguhubung antarsentra ekonomi dan produksi. Kemudian, infrastruktur penghubung di kawasan ekonomi khusus (KEK), kawasan industri (KI), serta kawasan pariwisata nasional.

“Kami sedang siapkan itu, sudah ada di Jawa Timur. Beberapa kawasan sudah kami identifikasi. Maksimum tujuh daerah seperti ini menjadi modal bagi daerah lain di Indonesia,” kata Darmin.

Terkait progres Proyek Startegis Nasional (PSN) bidang infrastruktur, sebanyak 103 proyek ditargetkan selesai pada akhir 2019 ini. PSN ini ditetapkan dalam Perpres Nomor 56 Tahun 2018 atau Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

“Dari 226 proyek sudah selesai adalah 83 proyek sampai akhir bulan September. Pada akhir tahun ini, akan selesai jadi 103 dalam lima tahun,” pungkas Darmin.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Abdul Rozak



Close Ads