Transformasi Ekonomi Berbasis Digital, Perkuat Infrastruktur Internet

14 November 2022, 16:51:55 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif Angga menyoroti semangat pemerintah yang mendorong transformasi ekonomi berbasis digital.

Menurut Muhammad Arif Angga, ekonomi berbasis digital harus diimbangi dengan infrastruktur internet. Semakin baik dan meratanya infrastruktur telekomunikasi dan internet, maka pengguna internet makin tersebar.

“Saat ini pengguna internet terbesar di Indonesia masih berada di Pulau Jawa sebesar 41,7 persen dan Pulau Sumatera 16,2 persen,” ujar Muhammad Arif Angga dalam keterangannya kepada JawaPos.com, Senin (14/11).

Dengan momentum KTT G20, APJII mendorong Pemerintah untuk meningkatkan kapasitas Indonesia Internet Exchange (IIX). Saat ini Internet Exchange (IX) APJII baru tersebar di 15 wilayah. Semua itu untuk membantu meningkatkan kualitas dan efisiensi konektivitas internet lokal.

APJII berharap dengan pembangunan IX tersebut dapat meningkatkan kualitas internet di daerah yang selama ini masih terkendala. “Kemudahan bertukar lalu lintas antar anggotanya memungkinkan perusahaan jaringan memperpendek jarak tempuh trafik data,” imbuh Arif.

Dengan adanya IIX di setiap lokasi, interkoneksi antarpelanggan internet di Indonesia dapat terselenggara secara mudah dan terjangkau. Sehingga, ekonomi digital dapat tumbuh lebih maju.

IIX merupakan kesatuan yang tidak bisa dilepaskan dari infrastruktur internet. Saat ini APJII telah memiliki 15 simpul IIX yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Antara lain Medan, Pekanbaru, Batam, Palembang, Bandung, Jakarta, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Balikpapan, dan Pontianak.

Dengan semakin banyaknya IIX yang tersebar, internet yang dihasilkan semakin cepat. Semua itu karena ada interkoneksi antara Internet Service Provider (ISP).

Arif berharap dengan dibangunnya beberapa akses IIX di berbagai daerah dapat memotivasi anggota APJII untuk dapat agresif menggelar jaringan di daerah yang selama ini belum mendapatkan layanan fixed broadband internet.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate di sela-sela Digital Transformation Expo (DTE) mengatakan, Indonesia sedang menuju transformasi ekonomi berbasis digital.

Dia menyebut, event DTE yang berlangsung di Bali dari 13 hingga 17 November 2022 menjadi penanda kolaborasi transformasi digital bagi seluruh negara Anggota G20. Kehadiran DTE tidak hanya memberikan kesempatan bagi negara-negara untuk bertukar pengetahuan saja. Dengan DTE, diharapkan membuat semua pihak lebih yakin dengan upaya digitalisasi negara anggota G20.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads