alexametrics

WIKA Dorong Transformasi Digital di Sektor Konstruksi

14 November 2019, 14:42:09 WIB

JawaPos.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan pentingnya sinergi tiga pilar yaitu: sektor pemerintah, industri, dan pendidikan dalam kaitannya dengan percepatan transformasi digital di Indonesia. Event Building Information Modelling (BIM) disebut bisa menjadi tools untuk menjembatani tujuan itu.
“Pada beberapa tahun terakhir, Pemerintah mendorong infrastruktur secara masif. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah breakthrough yang mampu mengintegrasikan seluruh sumber daya, pemerintah-industri-perguruan tinggi dengan cara yang jauh lebih akurat, lebih cepat, dan lebih mudah,” ujarnya disela Forum Engineering (Foreng 10) dengan tajuk utama “Future Solution for Lifecycle Construction” di Telkom Landmark Tower (TLT) Jakarta, Selasa (12/11).
Pada kesempatan yang sama Direktur Utama Perseroan Tumiyana mengatakan bahwa sebagai sebuah seperangkat teknologi, BIM mampu menjembatani konsep perencanaan, perhitungan analisis desain, pemodelan dalam bentuk tiga dimensi, proses anggaran dan biaya, schedulling proyek, sampai pelaksanaan pembangunan di lapangan.
Menjelang penutupan 2019 sekaligus menyambut hari ulang tahun yang ke-60 pada 2020 mendatang, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk menghelat Forum Engineering (Foreng 10) dengan tajuk utama, “Future Solution for Lifecycle Construction” di Telkom Landmark Tower [TLT] Jakarta selama dua hari, 12-13 November 2019.
Event Building Information Modelling (BIM) dihadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ismunandar, serta Kepala bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasana Perhubungan 1B Kementerian BUMN Fathurohman.
Selain itu, tampil pula 20 pembicara internasional, civitas-civitas akademika dari 50 perguruan tinggi terbaik di tanah air, termasuk Board of Management global platform & software provider (Bentley, Google, Microsoft, Autodesk, Trimble, Allplan, Glodon TTW dan lain-lain) serta Manajemen BUMN (Semen Indonesia, BNI, Mandiri, BTPN).
Agenda hari pertama Forum Engineering ke-sepuluh ini diisi dengan 6 diskusi panel yang mengakomodir beberapa tema, antara lain: WIKA’s BIM implementation, Project Lifecycle Going Digital, Technology System, BIM for Bridges, Vertical & Horizontal Construction, Collaboration in AEC Industry,_ hingga transactional banking.Sementara pada hari kedua, agenda workshop tentang A-Z BIM mendominasi.
Forum Engineering adalah agenda forum yang diselenggarakan secara rutin oleh WIKA setiap tahun, untuk menyampaikan, mengelaborasikan, dan mengkaji implementasi teknologi terbaru dalam dunia konstruksi pada proyek infrastruktur, dalam kaitannya dengan knowledge management ilmu keteknikan.

Editor : Dhimas Ginanjar



Close Ads