Gubernur Ridwan Kamil Sebut Tol Getaci Masih Pembebasan Lahan

14 Januari 2023, 23:52:05 WIB

JawaPos.com–Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, progres pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci), masih tahap pembebasan lahan. Sehingga, masyarakat diminta sabar menunggu hasilnya yang akan memberikan banyak manfaat.

”Masih pembebasan lahan, agak panjang, sing (yang) sabar. Tapi nanti semua indah pada waktunya,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara usai peresmian wajah baru Alun-Alun Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (14/1).

Dia menuturkan pemerintah pusat sudah merencanakan pembangunan tol yang melintasi Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan daerah lain, yang saat ini perkembangannya masih pembebasan lahan. Pihaknya berupaya memperjuangkan aspirasi masyarakat Tasikmalaya ke pemerintah pusat untuk membuat dua gerbang tol.

”Termasuk aspirasi exit tol diperbanyak,” kata Ridwan Kamil.

Dia mengatakan, keberadaan jalan tol itu akan memberikan dampak positif bagi daerah yang dilintasi. Yakni meningkatkan perekonomian masyarakat.

”Aspirasi exit tol memang harus diperbanyak di Tasikmalaya agar ekonomi Tasikmalaya meningkat,” tutur Ridwan Kamil.

Dia menambahkan, akan berupaya meminta kepada pemerintah pusat untuk membantu proses pembebasan lahan pembangunan jalan lingkar di Kabupaten Tasikmalaya. Sebab, pembangunannya membutuhkan biaya besar.

Menurut dia, Pemkab Tasikmalaya tidak akan cukup untuk menganggarkan pembangunan jalan lingkar di Tasikmalaya, sehingga butuh bantuan dari pemerintah pusat.

”Jalan lingkar pembebasannya mahal sekali, APBD Kabupaten Tasikmalaya tak akan mencukupi, kita akan bantu ke pusat agar pembebasan lahan bisa dibantu, dan itu pernah dilakukan di beberapa tempat,” ujar Ridwan Kamil.

Dia menyampaikan, dirinya bersama Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum akan menunjukkan kerja yang baik untuk kemajuan Kabupaten Tasikmalaya. ”Mudah-mudahan masyarakat melihat kerja kami dengan Pak Wagub sangat serius untuk memajukan Kabupaten Tasikmalaya,” terang Ridwan Kamil.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads