alexametrics

ATI Dorong Anggotanya Penuhi Aspek Sosial dan Lingkungan

13 November 2020, 21:46:11 WIB

JawaPos.com – Asosiasi Jalan Tol Indonesia mengungkapkan, anggotanya yang saat ini sebanyak 53 perusahaan siap untuk memenuhi aspek sosial dan lingkungan pada proyek tol yang dioperasikan. Ketua Umum Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Subakti Syukur berkomitmen untuk mendorong anggotanya anggota untuk dapat memperhatikan enam penilaian.

Subakti merincikan, pertama terkait aksesibilitas. Kemudian, terkait kelayakan pelayanan kepada pengguna tol. Lalu, operator jalan tol diminta agar melakukan efisiensi energi dalam operasional.

Selanjutnya, operator tol harus memperhatikan lingkungan sekitar, seperti area lindung, konservasi, dan lainnya. Lalu, operator tol perlu menggunakan material konstruksi yang ramah lingkungan. Terakhir, operator tol juga diminta supaya melaksanakan kerja sama yang erat di kewilayahan sekitar operasional.

Dirinya yang juga menjabat sebagai Dirut PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mengatakan, pihaknya akan mengurangi dampak lingkungan dan sosial pembangunan proyek jalan tol dengan mengurangi kegiatan cut and fill.

Cut and fill sendiri merupakan suatu proses pengerjaan tanah dengan sejumlah material tanah diambil dari suatu tempat kemudian diuruk atau ditimbun di tempat lain. Tujuan proses cut and fill adalah menjadikan permukaan tanah menjadi lebih rata sehingga memudahkan pekerjaan pembangunan yang akan dilakukan di tanah tersebut.

“Kami akan mengurang i. Mungkin di beberapa tempat kami akan buat semacam terowongan,” ujarnya dalam acara diskusi secara virtual, Jumat (13/11).

Melalui upaya tersebut, pihaknya berharap kerusakan lingkungan akibat pembangunan infrastruktur bisa diminimalkan. Menurutnya, pengurangan kegiatan cut and fill akan dibarengi dengan pembangunan terowongan. Untuk itu, Jasa Marga akan menerapkannya pada proyek jalan tol baru seperti jalan tol Yogyakarta-Bawen dan juga Yogyakarta-Solo.

“Jadi, ini semacam hal yang baru sehingga trase kami tidak mengganggu lingkungan yang ada,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads