alexametrics

Bangun 5 Bali Baru Perlu Konektivitas Wilayah

13 November 2019, 20:02:39 WIB

JawaPos.com – Pemerintah tengah mendongkrak sektor pariwisata. Targetnya dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Strateginya dengan memprioritaskan pembangunan destinasi baru, yakni membangun lima Bali baru.

Kehadiran 5 Bali baru bakal bisa dijangkau wisatawan jika kontektivitas antar-wilayah terhubung dengan baik. Pandangan dikemukakan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carrier Association (INACA).

“Konektivitas antawilayah dan sektor pariwisata dengan 5 Bali baru yang digagas pemerintah diharapkan bisa menghidupkan pusat–pusat ekonomi baru,” ujar Ketua INACA Denon Prawiraatmadja di Jakarta, Rabu (13/11).

Lebih jauh Denon Prawiraatmadja menuturkan, INACA mendukung program pemerintah yang terangkum dalam visi Presiden Joko Widodo bernama Indonesia Sentris. Membangun dari pinggiran dengan mengajak semua pihak terlibat secara aktif dalam menggerakkan pembangunan.

Dalam program itu, kata Denon, INACA pun memiliki peran penting. Terutama dalam mendukung pertumbuhan Indonesia dari pinggir. Perusahaan penerbangan, baik milik nasional dan swasta akan menjadi penghubung untuk masing-masing daerah.

“Penerbangan perintis ke daerah terpencil terus bertambah. Industri logistik dan kargo pesawat juga tumbuh. Kuncinya adalah kekompakan dan kerja keras. INACA akan menjadi mitra dan berdiri bersama-sama mendukung program pemerintah,” kata Denon.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan berbagai proyek strategis untuk membangun konektivitas antar-wilayah di Indonesia. Baik di segi infrastruktur untuk angkutan darat, laut, maupun udara. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga bakal meneruskan berbagai program pembangunan transportasi dan perhubungan yang telah diemban selama 5 tahun terakhir.

Program konektivitas tersebut juga menjadi bagian untuk mendukung pembangunan ekonomi dan wisata baru. Seperti, pembangunan bandara di 15 lokasi serta pembangunan tujuan wisata 5 Bali baru meliputi Mandalika (Lombok), Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, dan Manado–Bitung–Likupang. Pembangunan 5 Bali baru tersebut nantinya berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Kementerian PUPR.

Editor : Ilham Safutra



Close Ads