Rangkaian Kereta Inspeksi KCJB Diberangkatkan ke Depo Tegalluar

13 September 2022, 10:06:01 WIB

JawaPos.com–Rangkaian kereta inspeksi untuk kebutuhan perawatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diberangkatkan menuju Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung.

GM Corporate Secretary PT KCIC Rahadian Ratry mengatakan, persyaratan termasuk perizinan untuk perjalanan rangkaian kereta inspeksi untuk proyek KCJB sudah selesai. Sehingga, rangkaian kereta inspeksi untuk proyek KCJB bisa dikirim ke Depo Tegalluar.

”Alhamdulillah perizinan ataupun persyaratan dan prosedur lainnya untuk pengiriman EMU-CIT ini sudah lengkap sehingga perjalanan menuju Depo Tegalluar bisa dilakukan hari ini (13/9),” ujar Rahadian seperti dilansir dari Antara, Selasa (13/9).

Perizinan dan prosedur perjalanan, menurut dia, sebenarnya sudah selesai pada pertengahan pekan lalu. Namun, karena jadwal perjalanan yang diizinkan adalah Senin hingga Kamis, perjalanan rangkaian CIT menuju Depo Tegalluar ditunda dan baru dilakukan pada Senin (12/9).

”Perjalanan dari Depo Cakung menuju Depo Tegalluar membutuhkan estimasi waktu sekitar dua hari. Jika perjalanan dimulai pada Kamis sementara perjalanan tidak bisa dilanjutkan pada Jumat, hal itu cukup berisiko. Atas pertimbangan itu, perjalanan menuju Depo Tegalluar baru dimulai hari ini,” terang Rahadian.

Perjalanan menuju Depo Tegalluar akan dilakukan pada window hours pada pukul 22.00-05.00 WIB. Harapannya tidak mengganggu arus lalu lintas.

Jika tidak ada kendala, dia menambahkan, rangkaian kereta inspeksi atau EMU CIT akan tiba di Depo Tegalluar pada Selasa (13/9) malam atau Rabu (14/9) pagi. Pengiriman CIT akan dilakukan secara bertahap namun dengan seefisien mungkin. Mengingat satu rangkaian kereta inspeksi ini terdiri atas 8 cars, sehingga membutuhkan waktu.

”Semoga segalanya lancar sehingga bisa sampai di Depo Tegalluar untuk dilakukan pemeriksaan dan tindakan lanjutan,” tutur Rahadian.

Setibanya di Depo Tegalluar, rangkaian kereta inspeksi akan dirangkai ulang setelah seluruh cars atau kereta lengkap. Diharapkan proses pengiriman dan perakitan ulang bisa berjalan dengan lancar.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: