alexametrics

Masih Ada Goncangan, Tol Japek Elevated akan Disempurnakan

12 Desember 2019, 19:00:41 WIB

JawaPos.com – Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Kamis (12/12), dan akan beroperasi pada 20 Desember mendatang. Akan tetapi, masih ada sejumlah kendala di tol tersebut.

Salah satunya yakni expansion joint (sambungan siar) yang masih menimbulkan goncangan keras. Expansion joint merupakan sambungan badan jalan atau yang biasa disebut girder.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto mengakui, sambungan tol itu memang belum sempurna. Oleh karena itu, mereka akan terus melakukan uji coba hingga maksimal.

Expansion sambungan itu belum sempurna. Tapi, kami upayakan semaksimal mungkin dan penyempurnaan itu sudah dilakukan sampai tadi malam,” ujarnya di lokasi, Cikarang, Kamis (12/12).

Dia mengatakan, telah mencoba menunggangi kendaraan dengan kecepatan rata-rata 80 kilometer per jam dan goncangan yang ditimbulkan tidak begitu terasa. Maka dari itu, disarankan untuk tidak melebihi batas kecepatan tersebut.

“Kalo kendaraan kecil atau shock breaker tidak begitu maksimal perbedaan pasti ada, hanya masalah kenyamanan. Namun berlangsungnya waktu nanti ada uji coba penilaian SPM (standar penilaian minimum) atau penyempurnaan kecil dari tol,” katanya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking


Close Ads