alexametrics

Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak–Bakauheni Sudah Rampung

12 Oktober 2020, 20:48:18 WIB

JawaPos.com – Perusahaan konstruksi dan investasi PT PP (Persero) Tbk telah menyelesaikan pembangunan proyek Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak–Bakauheni. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi berharap pengoperasian dermaga tersebut dapat membantu menata penyeberangan yang gemuk.

“Dengan pengoperasian dermaga ini maka akan terjadi penambahan 20 trip dari 140 menjadi 160 trip dalam satu hari di mana 1.500 kendaraan bisa terangkut per harinya. Saya berharap ini akan menjadi kebanggaan semua, karena selama 18 tahun dikelola oleh swasta, Dermaga IV ini tidak ada kemajuan,” katanya, Senin (12/10).

Direktur Operasi 2 Perseroan M. Toha Fauzi menjabarkan, proyek pembangunan Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak – Bakauheni dimiliki oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dengan masa pelaksanaan proyek selama 365 lima hari kalender.

“Pelaksanaan pembangunan dermaga tersebut dapat diselesaikan tepat waktu oleh Perseroan sesuai dengan yang ditargetkan. Dengan beroperasinya pelabuhan dermaga IV Merak-Bakauheni diharapkan dapat mengakomodir arus Natal dan Tahun Baru,” tuturnya.

Sebagai informasi, Dermaga IV Merak memiliki kapasitas 6.000-10.000 GRT dengan tipe dermaga Breasting Dolphin dan Panjang dermaga 120 meter. Sedangkan, Demaga IV Bakauheni memiliki kapasitas 6.000- 10.000 GRT dengan tipe dermaga Quay Wall dan panjang dermaga 150 meter.

Adapun ruang lingkup pekerjaan Dermaga IV Merak antara lain Pengerjaan Struktur Darat (pre boring, pemancangan, inner boring, struktur beton, movable bridge, dan hidropolik, perbaikan dermaga eksisting, rumah kontrol), Pengerjaan Struktur laut (pre boring, pemancangan, inner boring, struktur beton, fender and bollard), dan Pembongkaran Dermaga Eksisting.

Sedangkan untuk lingkup pekerjaan Dermaga IV Bakauheni, antara lain Pembongkaran Dermaga Eksisting, Pengerjaan Struktur Dermaga (pemancangan SPP & SPSP, tie wire, struktur beton dermaga, fender and bollard, rumah kontrol, mekanikal & elektrikal), Pengerjaan Struktur Movable Bridge dan Sideramp, Pekerjaan Timbunan dan Rigid Pavement, serta Pengerukan Area Kolam Dermaga.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads