alexametrics

Pengembangan Pelabuhan Benoa, Pelindo III Dapat PMN Rp 1,2 T

12 September 2021, 10:50:19 WIB

JawaPos.com – Pengembangan Pelabuhan Benoa Bali dalam konsep Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) mendapat dukungan pemerintah. Dukungan itu berupa penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 1,2 trilliun.

Bagi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III dana tersebut siap digunakan untuk pengerukan alur dan kolam pelabuhan tahap 2 yang merupakan salah satu dari 16 paket pengembangan BMTH.

Direktur Utama Pelindo III Boy Robyanto mengatakan, pengerukan alur dan kolam pelabuhan tahap 2 merupakan lanjutan dari pekerjaan sebelumnya yang telah dikerjakan pada 2019 lalu. Dengan pengerukan alur dan kolam tahap 2 direncanakan kedalaman alur dan kolam Pelabuhan Benoa sepenuhnya merata sedalam minus 12 meter low water spring (MLWS).

“Pengerukan alur dan kolam ditahap ini areanya lebih luas, akan menjangkau hingga area pengembangan pelabuhan di sisi utara Pelabuhan Benoa saat ini, kedalaman akan merata hingga minus 12 MLWS,” kata Boy saat bertemu Gubernur Bali I Wayan Koster, Sabtu (11/9).

Secara rinci Boy menyebut area yang akan dikeruk, yakni kolam dermaga timur, kolam putar, alur pelayaran (pelebaran), kolam dermaga yacht club. Selanjutnya adalah kolam dermaga LNG, curah cair dan petikemas serta kolam dermaga selatan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads