alexametrics
Dapat Pinjaman Rp 420 M

PT PP Infrastruktur Penuhi Kebutuhan Air Bersih di Gresik

12 Juli 2020, 10:10:17 WIB

JawaPos.com – Perusahaan konstruksi pelat merah PT PP Infrastruktur yang merupakan anak perusahaan dari PT PP (Persero) Tbk telah menandatangani fasilitas pembiayaan senilai Rp 420 miliar, untuk Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Gresik berkapasitas 1000 liter per detik (lpd), dari PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF).

Direktur Utama PT PP Infrastruktur Didik Mardiyanto mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk pemenuhan pendanaan proyek, agar dapat menyelesaikan proses konstruksi tepat waktu. Sehingga dapat segera beroperasi di awal tahun 2021, untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Gresik dan sekitarnya.

“Semoga dengan penandatanganan ini menjadi awal kerjasama pembangunan SPAM-SPAM lain yang dikembangkan oleh PT PP Infrastruktur,” ujarnya dalam keterangannya, Minggu (12/7).

Sementara, PT PP Krakatau Tirta selaku badan usaha yang memenangi lelang, akan melaksanakan perencanaan, pengembangan, pembangunan dan pengelolaan SPAM Gresik, dengan susunan kepemilikan saham PT PP Infratsruktur 75 persen dan PT Krakatau Tirta Industri 25 persen.

Sebagaimana diketahui, PT PP Infrastruktur dan PT Krakatau Tirta bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gresik untuk pengembangan proyek SPAM Gresik dengan kapasitas 1000 lpd yang memiliki nilai investasi Rp 618 miliar. Adapun panjang pipa jaringan transmisi air bersih lebih dari 15 km, dilanjutkan dengan jaringan distribusi utama dengan panjang 11,5 km.

Bagi PDAM, penambahan kapasitas air baku dari Bendung Sembayat ini akan mampu melayani lebih dari 57.600 sambungan rumah yang tentunya akan berdampak positif terhadap kualitas kesehatan/hidup masyarakat Kab. Gresik dan pemenuhan kebutuhan air bersih, untuk kepentingan kawasan industri di Kab. Gresik.

Editor : Kuswandi

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads