alexametrics

Tol Probolinggo–Lumajang Masuk Kajian, Direncanakan Sepanjang 37,2 Km

12 Maret 2021, 21:02:29 WIB

JawaPos.com – Satu lagi jalan tol baru bakal dibangun di wilayah Jawa Timur. Kali ini adalah ruas tol yang menghubungkan Probolinggo dengan Lumajang.

Saat ini rencana pembangunan jalan tol baru itu masuk tahap kajian oleh Dirjen Pembiayaan Infrastuktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pihak pemrakarsa jalan tol juga sudah siap. Kajian awal, panjang tol tersebut mencapai 37,2 kilometer.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Retno Wulan Andari mengatakan, gambaran umum kawasan yang bakal dilewati jalan tol sudah dibahas pada pertemuan awal beberapa waktu lalu. ”Pak Bupati sudah koordinasi dengan pemerintah pusat. Sudah ada pemrakarsa jalan tol. Saat ini sedang dikaji Kementerian PUPR,” jelasnya.

Berdasar hasil pembahasan antara seluruh stakeholder, sesuai rencana total panjang jalan tol 37,2 kilometer. Jalan tersebut bakal melintasi beberapa desa di tiga kecamatan. Yakni, Ranuyoso, Klakah, serta Kecamatan Kedungjajang.

Jika disepakati, bakal dilakukan pembebasan lahan terlebih dahulu sebelum pekerjaan dimulai. ”Yang sudah dirapatkan adalah penentuan trase awal. Namun, untuk kepastiannya, tergantung hasil pembahasan lanjutan,” katanya.

Termasuk penentuan exit toll serta berapa rest area yang dibangun juga belum dipastikan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : son/fid/riq/c6/ris




Close Ads