PUPR Targetkan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Rampung Tahun 2025

11 September 2022, 08:45:53 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Tol Jagat Kerthi Bali resmi memulai pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi sepanjang 96,8 Kilometer (Km). Pemerintah menargetkan proyek ini akan selesai pada tahun 2028.

Namun, saat acara Groundbreaking Jalan Tol Jagat Kerthi Bali Gilimanuk-Mengwi, Sabtu (10/9) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta agar dapat diselesaikan pembangunannya pada 2025.

“Saya mohon dengan sangat karena ini kebutuhannya memang kebutuhan untuk masyarakat segera dapat diselesaikan pekerjaan pembangunan tol balu ini tahun 2023 mulai fisik. Dan InsyaAllah bisa diselesaikan tahun 2025,” kata Basuki.

Ia juga meminta pembangunan jalan tol di Bali ini dapat dikerjakan minimal dengan dua kali shift selama 7 hari. Bahkan, ia meminta dikerjakan tiga shift dalam sehari selama seminggu.

“Jadi saya mohon dengan sangat sekali lagi, kita bisa bekerja bersama dengan rock and roll minimal dua shift bekerja tujuh hari dalam seminggu. Kalau bisa tiga shift dalam sehari, kalo kerja biasa-biasa saja udah lewat waktunya,” ujarnya.

Basuki juga meminta kepada kontraktor tidak hanya membangun struktur jalan tapi harus memperhatikan estetikanya. Sebab, jalan bebas hambatan ini dirancang untuk destinasi wisata bahkan bisa dilalui oleh sepeda dan kendaraan roda dua.

“Jadi walaupun ada jalan tol, jalan sepeda untuk menikmati alam Jembrana, alam Tabanan dan Badung bisa dinikmati dengan motor dan sepeda. Kualitas dan estetika namun tidak mengurangi kecepatan kerjanya,” kata dia.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), total panjang Tol Gilimanuk-Mengwi mencapai 96,84 kilometer (Km). Konstruksi terbagi menjadi tiga bagian. Terdiri dari Seksi 1 Gilimanuk-Pekutatan sepanjang 53,6 km, Seksi 2 Pekutatan-Soka dengan panjang 24,3 km, dan Seksi 3 Soka-Mengwi sepanjang 18,9 km.

Terakhir, ia berharap bahwa dalam pembangunan jalan Tol Gilimanuk-Mengwi ini hanya dilakukan satu kali groundbreaking. Sebab, kata Basuki, ada beberapa jalan tol yang melakukan empat kali groundbreaking sebelum akhirnya selesai dan diresmikan.

“Sekali ini groundbreaking jalan, selesai. Saya berharap jalan tol 98,84 km ini hanya sekali groundbreaking dan langsung diresmikan tahun 2025 nanti,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri

Saksikan video menarik berikut ini: