alexametrics

Libur Panjang, Tol Macet Parah

10 November 2019, 11:14:44 WIB

JawaPos.com – Akhir pekan yang berbarengan dengan hari libur nasional berimbas kepadatan lalu lintas. Di tol Jagorawi yang mengarah ke Bogor, misalnya, antrean kendaraan mengular. Hal itu terjadi akibat sistem buka tutup yang berlaku di kawasan Puncak.

Petugas Jasa Marga Rafli menuturkan, kepadatan lalu lintas terjadi mulai wilayah Ciawi km 43 yang menuju Bogor. ”Padat sampai Gadog, Bogor,” ucap dia saat dihubungi Jawa Pos kemarin (9/11).

Dia menyatakan, kondisi tersebut imbas peningkatan jumlah kendaraan di jalur arteri. Di daerah Puncak, diberlakukan sistem buka tutup.

Untuk mengatasi kemacetan tersebut, dari Jakarta ke arah Sukabumi diberlakukan sistem contraflow. Dengan begitu, kepadatan lalu lintas dapat sedikit terurai. Menurut pengamatan Jawa Pos kemarin siang, kepadatan lalu lintas terjadi sejak gerbang tol Ciawi.

Sementara itu, di arah sebaliknya, arus lalu lintas terbilang lebih lancar. Namun, kendaraan dari arah Sukabumi harus berhati-hati. ”Citeureup km 28+800 lajur 4 ditutup karena ada pekerjaan beton median. Ada juga pekerjaan jalan di Gunung Putri km 24,” ungkapnya.

Di Jawa Timur, arus kendaraan di tol juga padat. Terutama di jalur yang mengarah ke Kota Batu dan Malang. Jumlah kendaraan yang lewat lebih banyak daripada hari biasanya. Kondisi itu terjadi sejak Jumat malam (8/11).

Editor : Ilham Safutra

Reporter : lyn/tau/c11/fal



Close Ads