alexametrics

Proyek Tol Solo-Jogja–YIA Dibiayai dengan Skema KPBU

10 September 2020, 20:03:43 WIB

JawaPos.com – Pemerintah baru saja meresmian pelaksanaan proyek pembangunan jalan tol Solo-Jogjakarta-Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Proyek tersebut dikerjakan dengan kolaborasi swasta dan BUMN yang dibiayai dengan skema kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU).

Dengan skema KPBU pemerintah hadir melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII. Dirut PT PII M. Wahid Sutopo mengatakan, penjaminan yang diberikan PT PII pada proyek tol Solo-Jogja-YIA merupakan salah satu fasilitas dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk meningkatkan kelayakan dan kenyamanan investasi bagi investor.

“Dengan ditandatanganinya proyek tersebut, maka PT PII pun telah memberikan penjaminan pada 23 proyek KPBU di seluruh Indonesia,” ujar Wahid Sutopo kepada wartawan, Kamis (10/9).

Penjaminan yang diberikan oleh PT PII tersebut dimaksudkan untuk memberikan kepastian dan kenyamanan bagi investor dalam berinvestasi pada proyek jalan tol tersebut. Yakninya meliputi pada risiko keterlambatan pengadaan tanah, risiko keterlambatan pengembalian Dana Talangan Tanah (DTT), risiko keterlambatan penyesuaian tarif, risiko politik temporer, dan risiko politik permanen.

Baca juga: Jalan Tol Solo–Jogja–YIA Siap Dibangun

Wahid Sutopo menyebut, terlaksananya penjaminan proyek tersebut dengan KPBU karena adanya kerja sama penanggung jawab proyek kerja sama (PJPK), khususnya Kementerian PUPR dan Kemenkeu.

“Diharapkan proyek ini dapat dikembangkan dan terjaga dengan baik sehingga dapat bermanfaat meningkatkan konektivitas antarwilayah dan daya saing ekonomi masyarakat. Terutama di provinsi DI Jogjakarya dan Jawa Tengah,” kata Sutopo.

Sebelumnya peresmian tanda dimulainya proyek Tol Solo-Jogja–YIA dilakukan pada Rabu (9/9). Peresmian disaksikan langsung oleh Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, PT PII.

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pembangunan proyek tol Solo-Jogja–YIA sangat krusial untuk daerah Jogjakarta dan Solo. Selain menekan biaya, pembangunan proyek infrastruktur turut mengubah perilaku hidup dan ekonomi masyarakat.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra




Close Ads