alexametrics

Jalan Tol Solo–Jogja–YIA Siap Dibangun

Konsorsium Swasta dan BUMN Kolaborasi
10 September 2020, 18:01:21 WIB

JawaPos.com – Pemerintah dan PT Adhi Karya meneken kontrak perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) ruas Solo–Jogjakarta–Kulonprogo di Jakarta kemarin (9/9). Proyek yang akan menghubungkan Solo–Jogjakarta hingga Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dengan panjang total 96,57 kilometer tersebut akan dikerjakan oleh konsorsium gabungan dari BUMN dan swasta.

Konsorsium meliputi PT Daya Mulia Turangga-PT Gama Group bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Penandatanganan dilakukan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Muhammad Wahid Sutopo, dan Direktur Utama BUJT Konsorsium PT Jogjasolo Marga Makmur Adrian Priohutomo.

Proses penandatanganan turut disaksikan oleh Menteri Koordinator Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso.

Baca juga: Proyek Tol Jogja-Solo Dikebut, Pematokan Lahan Terus Berlanjut

’’Alhamdulillah, konsorsiumnya lead dari swasta, sedangkan Tut Wuri Handayani-nya juga ini ada Adhi Karya dan Jasa Marga. Jalan tol ini sudah sangat lama ditunggu masyarakat,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rilis yang diterima Jawa Pos kemarin.

Basuki menyebut, bulan depan, pihaknya menargetkan ada penandatanganan PPJT lagi untuk jalan tol Bawen–Jogja. ”Jadi, nanti Joglosemar (kawasan Jogja, Solo, Semarang) sudah saling terkoneksi dan menjadi segi tiga emas yang terus bergerak tumbuh, khususnya untuk kawasan wisata,’’ lanjut Basuki.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa pembangunan jalan tol akan menggerakkan aktivitas ekonomi. Seperti penjualan semen, baja, dan bahan baku lainnya. Selain itu, konstruksi jalan tol akan menyerap banyak tenaga kerja.

Jalan tol Solo–Jogjakarta–YIA Kulonprogo akan memiliki panjang 96,57 km dengan 3 seksi. Yakni, seksi 1 membentang dari Kartasura ke Purwomartani sepanjang 42,37 km. Seksi 2 meliputi Purwomartani hingga Gamping sepanjang 23,42 km. Kemudian seksi 3 dari Gamping ke Purworejo sepanjang 30,77 km.

Baca juga: Tol Jogja-Solo, BPCB Beri Masukan Trase Jalan

Total nilai investasi jalan tol tersebut sebesar Rp 26,6 triliun dengan masa konsesi selama 40 tahun. PT Daya Mulia Turangga-PT Gama Group sebagai pimpinan konsorsium memegang saham terbesar sejumlah 51 persen, PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 25 persen, dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk sebesar 24 persen.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/c17/ttg




Close Ads