alexametrics

DPRD Lebak Sebut Tol Serang-Panimbang Tumbuhkan Kawasan Ekonomi Baru

10 Juli 2022, 21:33:12 WIB

JawaPos.com–DPRD Kabupaten Lebak optimistis pembangunan Jalan Tol Serang–Panimbang akan dapat menumbuhkan kawasan perekonomian baru bagi daerah itu. Potensi sumber daya alam (SDA) wilayah Lebak dan Pandeglang cukup besar sehingga diharapkan dapat menyumbangkan perekonomian baru bagi masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lebak Junaedi Ibnu Jarta menyatakan, kekayaan SDA itu di antaranya sektor pariwisata, perikanan, peternakan, perkebunan, pertambangan, dan pertanian. Oleh karena itu, pembangunan Jalan Tol Serang–Panimbang dipastikan banyak menarik investor untuk menanamkan modalnya di daerah itu.

”Pembangunan Jalan Tol Serang–Panimbang, diyakini, dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat  Lebak–Pandeglang yang saat ini  tertinggal  dengan wilayah Provinsi Banten bagian utara,” ujar Junaedi yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lebak seperti dilansir dari Antara, Minggu (10/7).

Dia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi masyarakat Banten bagian utara yakni Tangerang Raya lebih besar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) dari sektor industri, jasa, dan pusat perdagangan. Oleh karena itu, Jalan Tol Serang–Panimbang diharapkan bisa mengantarkan Lebak–Pandeglang sejajar dengan wilayah Provinsi Banten bagian utara.

”Kabupaten Lebak sudah menyediakan lahan seluas 3.000 hektare untuk kawasan industri guna menumbuhkan ekonomi bagi masyarakat serta menyerap ribuan tenaga kerja,” papar Junaedi.

Selain itu, lanjut dia, sektor pariwisata diharapkan juga tumbuh diiringi kawasan pemukiman baru. ”Kita patut mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang berani merealisasikan pembangunan Jalan Tol Serang–Panimbang itu,” terang Junaedi, lelaki lulusan Fakultas Kehutanan IPB tersebut.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: