alexametrics

PUPR Fokuskan Infrastruktur Jalan dan Jembatan yang Tengah Dibangun

10 Juni 2021, 16:14:25 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga akan memprioritaskan infrastruktur jalan dan jembatan yang tengah dikerjakan. Begitu juga untuk pemanfaatan infrastruktur yang sudah dibangun.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan bahwa hal ini menindaklanjuti optimalisasi program prioritas Kementerian PUPR, yang dipengaruhi karena adanya pengurangan pada jumlah anggaran tahun 2022.

“Kami sampaikan karena adanya konstraksi anggaran yang cukup besar, kami mendapat arahan dari Menteri untuk menggunakan metode OPOR (Optimalisasi, Pemeliharaan, Operasi, Rehabilitasi). Kita akan fokus menyelesaikan infrastuktur yang sudah dimulai dan memanfaatkan yang sudah terbangun. Untuk program-program yang baru akan dibatasi,” jelas dia dalam keterangannya, Kamis (10/6).

Ditjen Bina Marga sendiri mendapat pagu indikatif anggaran tahun 2022 sebesar Rp 39,7 triliun. Dari besaran tersebut dialokasikan Rp 37,3 triliun untuk program konektivitas dan Rp 2,4 triliun untuk program dukungan manajemen.

“Program konektivitas terdiri dari program committed (Rp 18,2 triliun) dan program non committed (Rp 19,28 triliun), sedangkan untuk kegiatan baru tidak dialokasikan,” ujarnya.

Pada tahun 2022, Ditjen Bina Marga akan memprioritaskan pembangunan dan duplikasi jembatan (4.937 m), preservasi dan penggantian jembatan (88.039 m), pembangunan jalan (239 km), peningkatan kapasitas dan preservasi struktur jalan (2.230 km).

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads