alexametrics

Nilai Investasi Pembangunan Tol Bengkulu Tahap Kedua Rp 23 Triliun

9 Juni 2022, 05:36:39 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Provinsi Bengkulu menyebutkan nilai investasi pembangunan tol tahap kedua mencapai Rp 23 triliun. Pembangunan tahap II itu dari wilayah Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah hingga ke Kabupaten Kepahiang.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, berdasar hasil pembahasan dengan pemerintah pusat, pembangunan akan dilakukan pada 2023. Dana pembangunan tol tersebut tujuh kali lipat dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) dan dapat menjadi perantara pemulihan perekonomian Provinsi Bengkulu.

”Pembangunan tol seksi kedua dari Taba Penanjung–Kepahiang memiliki nilai investasi sebesar Rp 23 triliun,” kata Rohidin seperti dilansir dari Antara.

Dia menjelaskan, pelaksanaan pembangunan tol Bengkulu tahap kedua tersebut telah dianggarkan pemerintah pusat saat rakor teknis oleh Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Kementerian Keuangan. Sehingga pada 2023 dana pembangunan tersebut terealisasi.

”Saat ini pemprov sedang dalam persiapan. Kami juga meminta Forkopimda dapat memastikan anggaran untuk pembangunan tersebut tidak dipotong,” ujar Rohidin Mersyah.

Pembangunan jalan tol Bengkulu–Lubuk Linggau tahap kedua yaitu dari Taba Penanjung ke Kabupaten Kepahiang sepanjang 23,7 kilometer. Saat ini, pembangunan tol tahap kedua sedang dalam proses pembebasan lahan untuk digunakan sebagai lokasi tol.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Bengkulu menyebutkan, jalan tol pertama tahap pertama Bengkulu–Taba Penanjung dengan panjang 17,6 kilometer telah selesai dan akan segera diresmikan pada Juli.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads