alexametrics

Bendungan Trenggalek Berpotensi Hasilkan Energi Listrik 8 Megawatt

9 April 2021, 20:11:26 WIB

JawaPos.com–Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, telah selesai dibangun. Saat ini memasuki tahap impounding atau pengisian awal. Bendungan itu memiliki potensi menjadi sumber energi listrik baru dan terbarukan hingga kisaran 8 megawatt.

”Bendungan ini kalau nanti sudah jadi, harus bisa dioptimalkan pemanfaatannya dengan baik,” kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin seperti dilansir dari Antara saat meninjau Bendungan Tugu bersama jajaran manajemen PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Jumat (9/4).

Usai meninjau fisik bangunan bendungan dan mendengar paparan langsung pelaksana proyek dan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Nur Arifin mengatakan, ada dua sumber pembangkit listrik yang bisa dihasilkan dari aktivasi bendungan. Yakni pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) dan dalam bentuk PLTS atau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

”Dari sisi listrik, kami ada dua langkah, yakni PLTMH yang merupakan prioritas utama dan kedua PLTS,” ujar Bupati Nur Arifin.

Untuk PLTMH, potensi sumber energi listrik yang dihasilkan dari Bendungan Tugu sekitar 400 kilowatt. Namun dari PLTS, potensi yang dihasilkan disebut Nur Arifin bisa mencapai 7,5 megawatt atau hampir 20 kali lipat potensi PLTMH Bendungan Tugu.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads