alexametrics

Rogoh Rp 238 Miliar, Waskita Karya Infrastruktur Bangun Pabrik Baja

9 Maret 2020, 17:42:29 WIB

JawaPos.com – PT Waskita Karya Infrastruktur membangun pabrik baja seluas 5 hektare di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten. Beroperasi sejak Maret tahun lalu, kapasitas pabrik paling anyar itu mencapai 4.000 ton per bulan. Itu setara dengan 48.000 ton per tahun.

Plt Presiden Direktur PT Waskita Karya Infrastruktur Eko Widianto menyatakan bahwa pembangunan pabrik menelan investasi Rp 238 miliar. Induk perusahaan menanggung 30 persen dana dan sisanya diperoleh lewat pinjaman di bank.

Pabrik baja itu memproduksi kerangka jembatan, pagar pengaman jalan (guardrail), dan tower transmisi listrik. Saat ini proyek yang digarap adalah tower transmisi listrik 500 kilovolt (kv) di Pulau Sumatera. “Dengan adanya pabrik di Cikande, pengiriman barang ke Sumatera lebih cepat,” sebut Eko pada akhir pekan lalu.

Dia menambahkan bahwa pabrik itu dilengkapi dengan mesin computer numerical control (CNC) berteknologi high-end dari Eropa. Juga, puluhan jenis mesin dan alat fabrikasi terkini. “Investasi ini disiapkan untuk menopang pertumbuhan Waskita Group. Menghasilkan produk terbaik dengan harga kompetitif pada skala nasional,” terang Eko.

Komisaris PT Waskita Karya Tbk Gunadi menyatakan bahwa luas bangunan saat ini baru 1 hektare. Perseroan masih memiliki sisa luas lahan 4 hektare untuk ekspansi ke depan. “Nah, dengan sisa lahan 4 hektare, ini bisa untuk extension 2.000 ton per bulan. Jadi, kira-kira produksi bisa mencapai 75.000 ton per tahun,” lanjutnya.

Saat ini perseroan masih berusaha memenuhi kontrak tower transmisi dengan PLN sepanjang 900 kilometer. Sementara itu, transmisi sekitar 600 kilometer sedang digarap. “Itu semua ada di Sumatera,” terang Gunadi.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (tih/c12/hep)



Close Ads