alexametrics

Kementerian PUPR Mulai Bangun RS Darurat Korona di Lamongan

8 Mei 2020, 21:11:54 WIB

JawaPos.com – Kementerian PUPR memulai pembangunan fasilitas observasi dan isolasi pasien Covid-19 di Lamongan. Keberadaan RS itu diharapkan memperkuat sistem kesehatan di Jawa Timur untuk mengatasi Covid-19.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga mengungkapkan, penambahan fasilitas ruang observasi dan isolasi rumah sakit itu berdasarkan permintaan bupati Lamongan yang disetujui ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Saat ini Kabupaten Lamongan belum memiliki rumah sakit standar untuk penanganan Covid-19. Para pasien positif ditangani di rumah sakit yang telah ditunjuk, yakni Rumah Sakit dr Soegiri Lamongan, Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan, serta beberapa fasilitas yang dialihfungsikan untuk menangani Covid-19. Yakni, Puskesmas Karangkembang, Puskesmas Deket, dan beberapa unit rusunawa.

Lahan untuk pembangunan RS Covid-19 disiapkan Pemkab Lamongan. Luasnya 6.070 meter persegi yang berlokasi di Jalan Kusuma Bangsa, Beringin, Tumenggungan. ”Lokasi ini berjarak 132 meter dari Rumah Sakit dr Soegiri Lamongan. Konstruksi dimulai pada 1 Mei 2020 dan ditargetkan selesai pada awal Juni 2020. Saat ini progres pembangunan mencapai 7,7 persen,” jelas Danis kemarin (7/5).

Danis mengungkapkan, RS itu mampu menampung 82 pasien dengan ruang perawatan terpisah. ”Pembangunan direncanakan dibuat per blok, yaitu bangunan screening yang terdiri atas laboratorium, X-ray, ruang petugas, administrasi, dan farmasi,” katanya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/c10/oni



Close Ads