alexametrics

Polisi: Hanya 80 KK yang Masih Menolak Pembebasan Lahan Waduk Bener

8 Februari 2022, 19:33:55 WIB

JawaPos.com – Penolakan warga atas pembebasan lahan proyek Waduk Bener, di Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah masih terjadi. Polisi mencatat masih ada 80 Kartu Keluarga (KK) yang menolak upaya ganti rugi.

“Sedikit kok nggak terlalu banyak hanya sekitar 80an KK cuma ya mungkin dari luar ini provokasi-provokasi cukup besar. Ya saya tidak tahu mereka ada kepentingan atau tidak yang pssti memang teridentifikasi pihak kami ada upaya pihak luar untuk masuk,” kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (8/2).

Akibat kondisi ini, Iqbal menilai masyarakat telah menjadi korban. Sebab, proses pembayaran ganti rugi tak kunjung terealisasi. Sedangkan proyek pembangunan nasional pemerintah juga tersendat.

“Di desa-desa yang lain sudah terima duit. Sudah difasilitasi Gubernur juga enggak (ada titik temu), difasilitasi Polres juga mentah, pada hari ini kita lakukan pengamanan BPN yang mau ngukur,” ucap Iqbal.

Diketahui, PTUN Semarang telah menolak gugatan warga Wadas terhadap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terkait Izin Penetapan Lokasi (IPL) atas Penetapan Lokasi Pengadaan Tanah bagi Pembangunan Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo dan Wonosobo. Pemprov Jawa Tengah menghormati putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang, yang menolak gugatan warga tersebut.

Penolakan gugatan tersebut berdasar putusan hakim PTUN Semarang Nomor 68/G/PU/2021/PTUN.SMG tanggal 30 Agustus 2021. Ditanya mengenai langkah lanjutan atas putusan tersebut, Kepala Biro Hukum Provinsi Jawa Tengah Iwanuddin Iskandar menyatakan, saat ini Pemprov masih menunggu sikap penggugat.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini: