alexametrics

Namarin Soroti Instruksi Menhub Atas Pengoperasian Pelabuhan Patimban

7 Juni 2021, 22:25:06 WIB

JawaPos.com – The National Maritime Institute (Namarin) mengingatkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar menjaga mekanisme pasar dengan pengoperasian Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

Direktur Namarin Siswanto Rusdi menuturkan, instruksi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang meminta kapal tol laut untuk singgah di Pelabuhan Patimban jangan sampai mengganggu mekanisme pasar.

Menurut dia, Kemenhub sangat berkepentingan sekali dengan Pelabuhan Patimban. Sebab, pelabuhan itu merupakan inisiatif Kemenhub. Sehingga, instansi itu sangat berkepentingan agar fasilitas di pelabuhan itu berjalan sesuai dengan harapannya melalui kewenangan yang ada.

“Hanya saja, jangan sampai instruksi tersebut mengganggu mekanisme pasar yang berlaku dalam bisnis pelayaran,” ujar Siswanto Rusdi kepada JawaPos.com, Senin (7/6).

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa kapal tol laut diarahkan singgah di Pelabuhan Patimban. Terutama kapal dengan tujuan Belawan, Medan dan Pulau Natuna.

Sementara itu, Gaikindo dan beberapa pabrikan mobil terkemuka diminta untuk mengupayakan potensi pengiriman kendaraan. Untuk pengiriman kendaraan dengan kapal rute Panjang, Pontianak, dan Makassar, akan dilayani dua kapal ASDP. Targetnya empat trip dalam sebulan.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads