alexametrics

JORR II Diperkirakan Rampung Kuartal Akhir 2020

6 Desember 2019, 22:29:37 WIB

JawaPos.com – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan bahwa Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II akan rampung pada akhir 2020 mendatang. Salah satu ruas yang baru saja diresmikan ada ruas Tol Kunciran-Serpong.

“JORR II kemungkinan kuartal keempat 2020 baru tuntas,” ungkap Kepala BPJT Danang Parikesit di Gerbang Tol Parigi, Banten, Jumat (6/12).

Ia mengatakan rincian pembangunan JORR II pada kuartal pertama adalah menyiapkan jaringan dan kuartal kedua hingga ketiga fasilitas maupun jaringan seperti integrasi tarif dengan metode cardless diperkirakan akan selesai. Hingga kuartal empat diharapkan semua ruas dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kuartal keempat harapan kita sudah tuntas sehingga membentuk jaringan Jabodetabek yang juga utuh sehingga terjadi pemisahan antara lalu lintas lokal dan lalu lintas terus menerus (tol),” tambahnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol Kunciran-Serpong. (Saifan Zaking/ JawaPos.com)

Kemudian untuk ruas Tol Cinere-Serpong kontruksinya diperkirakan akan selesai hingga triwulan kedua. Sedangkan jalur Cibitung-Cilincing yang memiliki panjang 33,9 km akan selesai sama seperti selesainya JORR II.

Nantinya JORR II semua pembayarannya akan terintegrasi dengan memakai metode cardless atau tanpa kartu. Pihaknya pun saat ini tengah merevisi Peraturan Menteri PUPR Nomor 16 Tahun 2017 tentang Transaksi Nontunai di Jalan Tol.

“Dengan kita membangun JORR II ini maka integrasi tarif itu bisa kita lakukan dan saat ini di Kementerian PUPR baik di BPJT dan Bina Marga sedang disusun perbaikan Peraturan Menteri Nomor 16 tahun 2017 mengenai soal integrasi sehingga harapan kita pertengahan tahun depan kita punya permen baru mengenai integrasi tarif ini,” tutupnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas tol Kunciran-Serpong, Banten, Jumat (6/12). Jalan tol ini diharapkan dapat membantu distribusi logistik ke kawasan industri. “Sore hari ini, Alhamdulillah untuk pembangunan jalan tol Kunciran-Serpong sudah rampung dan segera bisa kita manfaatkan,” katanya di lokasi.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Saifan Zaking


Close Ads