alexametrics

Jokowi Resmikan Tol Kunciran-Serpong Sepanjang 11,19 Km

6 Desember 2019, 20:20:43 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas tol Kunciran-Serpong, di Banten, Jumat (6/12). Pembangunan ruas tol yang merupakan bagian dari jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II ini sudah rampung dan bisa digunakan oleh masyarakat.

“Sore hari ini, Alhamdulillah untuk pembangunan jalan tol Kunciran-Serpong sudah rampung dan segera bisa kita manfaatkan,” katanya di lokasi, Banten, Jumat (6/12).

Dengan selesainya tol tersebut, diharapkan kawasan industri yang berada di sekitar Jakarta dan Banten dapat terhubung dengan baik. Konektivitas yang makin baik mempermudah perpindahan barang maupun orang.

“Jadi, jalan tol akan menyambung antara sentra produksi dengan sentra distribusi. Semakin tersambung maka semakin efisien, yang artinya daya saing kita semakin baik dalam investasi maupun daya saing produk kita,” ujarnya.

Bertugas sebagai operator tol yaitu PT Marga Trans Nusantara, konsorsium yang dibentuk oleh Grup Astra dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Sebagai informasi, Tol JORR II terdiri dari enam ruas dan memiliki panjang keseluruhan 110,4 kilometer (Km)

Enam ruas itu yakni Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 Km), Kunciran-Serpong (11,19 Km), Serpong-Cinere (10,1 Km), Cinere-Jagorawi (14,7 Km), Cimanggis-Cibitung (25,2 Km), dan Cibitung-Cilincing (34 Km).

Adapun investasi tol Kunciran-Serpong mencapai Rp 4 triliun. Proses pembangunan tol tersebut juga terbilang lama karena proses tender telah dilakukan sejak 2006-2007. Namun pembangunannya baru dimulai pada 2017, lantaran terkendala pembebasan lahan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking


Close Ads