alexametrics

Revitalisasi Stasiun Manggarai Lamban, Ini Kata Menhub

5 Oktober 2019, 23:00:55 WIB

JawaPos.com – KA Bandara rute Stasiun Manggarai-Bandara Internasional Soekarno-Hatta resmi beroperasi, Sabtu (5/10). Peresmian rute dilangsungkan di tengah pengerjaan konstruksi revitalisasi Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengakui, operasional rute baru ini belum bisa maksimal karena pengerjaan konstruksi masih berjalan. Rute ini ditempatkan di peron 9 dan 10 Stasiun Manggarai.

“Enam bulan ke depan akan kami selesaikan semua. Nanti pintu masuk akan dibuat yang lebih nyaman,” ungkap Budi Karya kepada awak media di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Sabtu (5/10).

Revitalisasi Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral di ibu kota diakui Menhub berjalan sangat lamban, karena terganjal pembebasan lahan di sisi selatan stasiun yang ditempati warga.

“KA Bandara ini dipusatkan di Stasiun Manggarai karena kita jadikan sebagai stasiun sentral. Tapi, (pengerjaannya berjalan) lambat karena ada masalah penyelesaian tanah, sebagian sudah selesai. Kelihatannya pelan sekali,” jelas dia.

PT Railink mengakui KA Bandara dan Kereta Rel Listrik (KRL) Commutter Line belum bisa terhubung langsung. Gerbang tap in dan tap out akses bagi penumpang kedua moda transportasi ini belum bisa digunakan dalam waktu dekat.

“Itu sudah ada tapi kami belum perkenankan penumpang lewat. Harus seberangi rel itu tidak aman. Kalau dari PT KCI (Kereta Commutter Indonesia) bisa tap out, kami ada. Tunggu selesai semua,” ungkap Direktur Utama PT Railink, Mukti Jauhari.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Abdul Rozak



Close Ads